Wilayahnya Jadi Incaran Wisatawan, Bupati Anne Perintahkan Jajarannya Optimalkan Potensi Destinasi Wisata Purwakarta

  • 10 April 2023 09:37
  • Administrator
  • 129 Membaca
Wilayahnya Jadi Incaran Wisatawan, Bupati Anne Perintahkan Jajarannya Optimalkan Potensi Destinasi Wisata Purwakarta

 

Posisi strategis dan dianugerahi keindahan alam serta keunggulan berbagai produk kerajinan serta kekayaan kulinernya, menjadikan Kabupaten Purwakarta akan jadi incaran para wisatawan saat libur lebaran 2023 nanti.

Mengantisipasi itu semua, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meminta jajarannya untuk mengoptimalkan semua potensi destinasi wisata sehingga siap menghadapi lonjakan wisatawan pada saat liburan hari raya lebaran.

Jumlah pengunjung ke sejunlah destinasi wisata di Purwakarta lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai lebih dari 200 ribu wisatawan.

"Saya minta semua pihak mengantisipasi lonjakan wisatawan lebaran nanti. Saya minta semua destinasi wisata dipersiapkan secara baik," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin 10 April 2023.

Persiapan menyambut lonjakan kunjungan wisatawan lebaran itu merupakan bagian dari target 2 juta wisatawan selama tahun 2023 ini. Angka kunjungan wisatawan itu lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 1.598.301 wisatawan.

Target itu sangat realistis mengingat Kabupaten Purwakarta memiliki banyak destinasi wisata unggulan.

Kabupaten yang sangat terkenal dengan produk manggis dan kuliner Sate Maranggi itu, tercatat memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan edukasi.

Jamin Keamanan Wisatawan

Untuk menjamin kelancaran dan keamanan selama musim libur lebaran, Bupati Anne telah menginstruksikan Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) untuk berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI-Polri.

"Kita ingin memastikan semua destinasi wisata siap menerima para wisatawan. Mereka adalah para tamu yang harus kita sambut dengan baik. Untuk itu kelancaran dan keamanan harus disiapkan dengan baik," lanjut Bupati yang akrab dipanggil Ambu Anne tersebut.

Bupati perempuan pertama Purwakarta itu juga mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran terkait himbauan persiapan menghadapi libur Idul Fitri 1444 H bagi seluruh pengelola destinasi wisata.

"Kami minta mereka untuk mempersiapkan destinasi wisata yang dikelola selalu menjaga kebersihan dan keamanan agar tercipta kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung, serta tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Ambu Anne.

Sementara, berkaitan dengan antisipasi potensi bencana akibat kondisi cuaca yang tidak menentu, khusus destinasi wisata yang lokasinya dekat dengan kawasan rawan bencana, Bupati Anne telah menginstruksikan BPBD Purwakarta untuk selalu siaga.

"Kita harus bisa mengantisipasi kemungkinan dampak buruk dari cuaca yang tidak menentu. Kita harus mengutamakan faktor keselamatan bagi para wisatawan maupun para pengelola destinasi wisatanya," ujar Ambu Anne.

Untuk memastikan semua persiapan dan pelaksanaan menyambut para wisatawan saat liburan lebaran tersebut, Bupati bersama semua pihak terkait akan terus memonitoring seluruh destinasi wisata pada H+1 hingga H+7 lebaran.

"Langkah monitoring ditempuh untuk memastikan semua pihak selalu siap menghadapi kondisi apapun. Kita ingin memastikan semuanya berjalan dengan baik," tegas Ambu Anne.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami