Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

  • 20 November 2023 19:09
  • Administrator
  • 93 Membaca
Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2023 ini juga jadi momentum untuk memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas dedikasi para tenaga kesehatan dan jajaran Dinas Kesehatan.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan pada peringatan HKN 2023 di Bale Sawala Yudhistira, Komplek Perkantoran Pemkab Purwakarta, Senin 20 November 2023.

"Peringatan HKN tahun ini menekankan transformasi kesehatan sebagai kunci bagi kemajuan Indonesia. Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema HKN ke 59 tahun 2023, yaitu transformasi kesehatan untuk Indonesia maju, mutlak kita laksanakan," kata Benni.

Menurutnya, pasca disahkannya UU Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, setidaknya terdapat enam pilar transformasi kesehatan yang akan menjadi panduan dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

Keenam pilar tersebut, diantaranya adalah, transformasi layanan primer yaitu dari fokus mengobati menjadi pencegahan. Transformasi layanan rujukan, dari akses layanan kesehatan yang sulit menjadi lebih mudah.

Kemudian, transformasi sistem ketahanan kesehatan yaitu dari ketergantungan pada industri kesehatan luar negeri menjadi kemandirian dalam negeri, dan dari sistem kesehatan yang rentan selama wabah menjadi kuat.

"Lalu, transformasi lainnya yaitu berkaitan dengan pembiayaan kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif. Transformasi SDM kesehatan, dari kekurangan tenaga kesehatan menjadi cukup dan merata. Lalu, transformasi teknologi kesehatan, dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi, dan dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi yang terdepan," beber Benni.

Benni juga mengatakan bahwa pada tahun 2020 hingga 2022 semua membanting tulang berjibaku, bersusah payah, mengorbankan jiwa dan raganya untuk melindungi masyarakat kita dari Covid-19. "Alhamdulillah, tahun ini kita bisa memperingati hari kesehatan nasional pasca Covid-19," ujarnya.

Hal lainnya, lanjut Benni, bagaimana SDM bidang kesehatan ini tetap melaksanakan prinsip-prinsip dalam melaksanakan tugas yang berakhlak, berorientasi melayani kompeten akuntabel, loyal adaptif.

"Ini yang menjadi dasar utama. Saya pikir kita mempunyai PR yang banyak PR yang berat untuk dunia kesehatan. Sementara, di sisi lain, kita masih harus tetap berjuang dengan anggaran yang sangat terbatas," demikian Benni Irwan.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami