TNI Manunggal Air, Kodim Purwakarta Garap Ratusan Titik Sumber Air

  • 06 Februari 2024 12:53
  • Administrator
  • 177 Membaca
TNI Manunggal Air, Kodim Purwakarta Garap Ratusan Titik Sumber Air

Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengungkapkan bahwa penyediaan air bersih ini merupakan program TMMD Tahun 2022. Tahun sebelumnya, jajarannya juga telah bekerja sama dengan PLN Nusantara Power Cirata, namun dengan skala yang lebih kecil.

"Program ini didukung oleh pemerintah daerah, sehingga kita melaksanakan video conference (vicon) di sini," kata Dandim Andi pada agenda Vicon Launching Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2024 di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Selasa 06 Februari 2024.

Dandim juga menyampaikan bahwa Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) sangat memperhatikan ketersediaan sumber air. KASAD meminta jajarannya untuk melaporkan daerah-daerah yang mengalami kekurangan air. "Kami sudah melaporkan daerah Gunung Hejo yang mengalami kekurangan air," ujarnya.

Menurutnya, dengan luas wilayah dan cakupan wilayah Angkatan Darat di seluruh Indonesia, pihaknya masih menunggu program dari KASAD dan Panglima TNI. "Namun, Kodim akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk memberikan bantuan sarana air bersih," kata Andi.

Ia juga menyampaikan bahwa pada tahun ini, Kodim 0619/Purwakarta akan melaksanakan kegiatan TMMD di Desa Gurudug. "Kami berharap pemerintah daerah juga mendukung kegiatan ini dengan memberikan bantuan, seperti sarana air bersih, MCK, Rutilahu, dan jalan lingkungan," ujarnya.

Sementara, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menyampaikan bahwa kegiatan vicon ini dihadiri oleh Forkopimda lengkap, Ketua DPRD, Kapolres, dan perwakilan dari Kejaksaan. "Kita bersama-sama melaksanakan kegiatan vicon untuk mendengarkan arahan sekaligus launching TNI Angkatan Darat Manunggal Air," kata Benni Irwan.

Benni juga mengatakan bahwa TNI Angkatan Darat Manunggal Air ini merupakan salah satu program yang dilakukan oleh TNI Angkatan Darat. "Program ini dilaksanakan secara nasional dan kita di tahun 2022-2023 juga mendapatkan manfaat dari program itu," ujar Benni.

Benni Irwan menyampaikan apresiasi dan terima kasih mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Wanawali kepada jajaran TNI Angkatan Darat Kodim 0619 Purwakarta atas partisipasi dan dukungan penyiapan sarana air bersih di Desa Wanawali. "Saya melihat bangunannya masih ada dan masyarakat masih menikmatinya. Mudah-mudahan masih bisa menikmatinya di masa-masa yang akan datang," tuturnya.

Benni Irwan juga mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan pola kerja sama seperti ini dengan TNI. "Yang pasti yang sudah menunggu di depan mata kita TMMD di bulan Mei. Tadi saya sudah sampaikan ke Pak Dandim kita berdiskusi untuk lebih menguatkan kolaborasi ini tidak hanya kegiatan yang diprogramkan oleh TNI saja, tetapi juga akan kita selesaikan dengan program-program lain dan kegiatan-kegiatan lain yang senada dengan itu," jelasnya.

Ia berharap manfaat yang dirasakan oleh masyarakat lokasi TMMD akan lebih besar dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. "Sebagai contoh, kebutuhan akan air bersih ini tidak hanya untuk kebutuhan dasar saja, tidak tertutup kemungkinan pemanfaatan air bersih ini untuk kegiatan-kegiatan ekonomi produktif yang lainnya, jadi manfaatnya akan lebih besar," demikian Benni Irwan. (Diskominfo)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami