RSUD Bayu Asih Buka Layanan Pasien Tuberkulosis yang Mengalami Kebal Obat

  • 21 April 2024 12:10
  • Administrator
  • 51 Membaca
RSUD Bayu Asih Buka Layanan Pasien Tuberkulosis yang Mengalami Kebal Obat

Tuberkulosis atau TBC sampai dengan saat ini masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Data yang diperoleh dari Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB) RSUD Bayu Asih Purwakarta, sampai dengan tahun 2023 lalu terdapat 696 pasien dengan TBC terdiri dari pasien TBC Dewasa sebanyak 487 pasien dan 209 pasien TBC Anak.

Sementara, hasil pengobatan dari 696 pasien tersebut adalah 358 pasien pengobatan lengkap, 11 pasien sembuh total, 97 pasien putus berobat, meninggal 24 pasien dan yang kehilangan jejak atau tanpa keterangan sebanyak 206 pasien.

Ketua Tim Penanggulangan TBC RSUD Bayu Asih, dr. Evan Rivana, Sp.P dalam keterangannya mengatakan, diantara pasien-pasien tersebut mengalami Resistensi Obat sehingga dikenal dengan penyakit Tuberkulosis Resisten Obat (TB-RO) yaitu infeksi Tuberkulosis yang menyerang tubuh disebabkan bakteri Mycibacterium Tuberculosis yang telah mengalami kebal obat akibat dari pengobatan yang tidak benar.

Menurutnya, penyebab TB-RO adalah tidak teraturnya pasien dalam menjalani pengobatan dengan Obat Anti Tuberkulosa (OAT) sesuai panduan.

"Penyebab lainnya adalah pasien berhenti secara sepihak dari pengobatan sebelum waktunya, tidak memenuhi anjuran dokter atau petugas kesehatan, gangguan penyerapan obat bahkan bisa disebabkan karena tertular dari pasien TB-RO lainnya," kata Evan.

Sementara, Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bayu Asih dr. Tri Muhammad Hani, MARS., MH(Kes) menyampaikan informasi bahwa berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI, RSUD Bayu Asih Purwakarta telah ditunjuk sebagai pengampu pelayanan TBC.

"Bukti komitmen atas amanah dan tanggungjawab tersebut adalah RSUD Bayu Asih Purwakarta secara resmi telah membuka layanan untuk pasien TB-RO per tanggal 19 April 2024 kemarin ditandai dengan pelayanan pasien rawat jalan TB-RO perdana oleh dr. Evan Rivana, Sp.P," ujar dokter Hani, Minggu 21 April 2024.

Menurutnya, pelayanan TB-RO yang diberikan oleh RSUD Bayu Asih adalah layanan rawat inap dan rawat jalan pada ruangan khusus karena memang kasus TB-RO ini harus mendapat penanganan khusus yang terpisah dari TBC biasa.

Dokter Hani juga menambahkan bahwa pihaknya telah mengajukan proposal usulan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (APBD Provinsi) melalui Dinas Kesehatan Jawa Barat pada tahun anggaran 2024.

Diharapkan jika bantuan tersebut dapat dipenuhi, maka RSUD Bayu Asih akan memiliki gedung khusus 3 lantai untuk pelayanan pasien TBC yang mampu melayani pasien TB-RO maupun yang pasien TB biasa.

Bangunan tersebut direncanakan menjadi pusat layanan terpadu TBC yang bersifat one stop services karena didalamnya terdapat layanan Rawat Jalan TBC, Rawat Inap TBC, Laboratorium dan Apotek khusus yang melayani pasien TBC.

Dokter Hani mengaku sangat berharap terlaksananya rencana tersebut karena sebagai rumah sakit umum milik pemerintah di Kabupaten Purwakarta akan menjadi layanan unggulan dan satu-satunya rumah sakit yang memiliki layanan TBC secara terpadu dan paripurna.

"Hal ini semata-mata dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pencapaian target eliminasi TBC pada tahun 2030 dengan slogan aksi TOSS TBC atau Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh," ujarnya.

Dokter Hani juga mengingatkan kembali bahwa pada 24 Maret 2024 lalu di halaman parkir RSUD Bayu Asih telah dilakukan peringatan Hari TB Sedunia (HTBS) Tahun 2024 dengan tema global, Yes! We Can End TB!. Sementara Kementerian Kesehatan pada HTBS 2024 lalu mencanangkan tema nasional yang kita kenal dengan GIAT (Gerakan Indonesia Akhiri Tuberkulosis).

Untuk masyarakat di Kabupaten Purwakarta yang memperoleh informasi lebih lanjut terkait layanan TB-RO dapat langsung mendapat informasi melalui whatsapp di nomor 0811 1000 331. Selain itu masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Reservasi Bayu Asih atau melalui nomor WA 0812 8828 8858. (Diskominfo Purwakarta) 

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami