Respon Dukungan Menpora dan Gubernur Jabar, Bupati Anne Akan Kembangkan Olahraga Wisata

  • 19 Juni 2023 11:13
  • Administrator
  • 90 Membaca
Respon Dukungan Menpora dan Gubernur Jabar, Bupati Anne Akan Kembangkan Olahraga Wisata

 

PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus mempersiapkan langkah strategis untuk menyiapkan berbagai opsi kegiatan olahraga yang  bisa bedampak pada peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat.

"Mengembangkan olah raga dengan wisata menjadi salah satu opsi penting karena bisa memanfaatkan potensi sektor pariwisata Purwakarta yang luar biasa," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin, 19 Juni 2023.

Langkah itu sekaligus merespon dan menindaklanjuti dukungan dan apresiasi dari Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang meminta Bupati Purwakarta terus menyelenggarakan berbagai event olahraga karena bisa berdampak positif pada perekonomian daerah.

Dukungan kedua tokoh penting itu menyusul kesuksesan Purwakarta menggelar Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta ke-2, 16 Juni 2023. kemarin.

Lebih dari 6.000 peserta dari 22  cabang olah raga memeriahkan jambore yang dipusatkan di Stadion Olahraga Purnawarman., stadion olahraga terbesar dan termegah di Purwakarta.

Secara khusus Menpora Dito Ariotedjo bahkan meminta Bupati Purwakarta untuk menggelar kegiatan jambore tersebut secara rutin setiap tahun.

Menurut Dito, kegiatan jambore olahraga tersebut  bisa mendorong gerak ekonomi masyarakat, ekonomi UMKM, maupun sektor industri besar.

"Saya sangat mengapresiasi kepada Purwakarta menggelar kegiatan olah raga yang sangat sukses dan meriah ini. Kegiatan jambore olah raga ini pasti mendorong gerak ekonomi masyarakat.  Saya berpesan kegiatan ini dilakukan setiap tahun," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengapresisi kesuksesan penyelenggaraan Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta.

Menurut Ridwan Kamil,yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya terebut, selain sebagai ajang meningkatkan prestasi olah raga, khususnya lah raga tradisional maupun olahraga rekreasi, kegiatan olahraga seperti jambore KORMI Purwakarta, akan mampu menggerakan sektor-sektor perekonomian daerah.

Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil itu juga mengatakan Jambore KORMI akan berdampak positif bagi atlet-atlet Jawa Barat yang akan berkompetisi dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-7 di Kabupaten Bandung bulan depan.

Kang Emil meyakini Jambore KORMI Purwakarta akan berdampak positif pada raihan medali kontingen Jabar di FORNAS ke-7 nanti. "Apalagi Jabar dipercaya menjadi tuan rumahnya. Jambore Ini merupakan pemanasan agar bulan depan kita bisa maksimal dan sukses," kata  Kang Emil.

Melihat besarnya manfaat strategis dari kegiatan olah raga seperti Jambore KORMI, Gubernur Ridwan Kamil meminta agar kabupaten dan kota lain di Jabar bisa mencontoh Purwakarta.

"Kegiatan ini luar biasa sekali. Ini salah satu yang paling ramai dan terbaik se-Jawa Barat, Saya minta para bupati dan walikota lain di Jabar bisa melukan hal seperti ini,"  kata Kang Emil.

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan, saat ini berbagai opsi strategis terus dipelajari sehingga bisa diperoleh formulasi kegiatan olahraga yang tepat untuk menindaklanjuti dukungan Menpora Dito Ariotedjo dan Gubernur Ridan Kamil.

"Kita sedang mempelajari opsi srategis pengembangan olah raga dan wisata karena bisa berdampak sangat positif bagi perekonomian daerah dan masyarakat. Potensi pariwisata kita yang luar biasa dapat dioptimalisasi bagi kegiatan olah raga sekaligus mendorong maju perekonomian daerah," kata Bupati perempuan pertama Purwakarta tersebut.

Secara konseptual, lanjut Bupati Anne, kegiatan olahraga wisata bisa diterjemahkan sebagai kegiatan olah raga yang digelar di lokasi wisata, atau kegiatan olah raga sambil berwisata.

"Prinsipnya, opsi yang akan kita kembangkan adalah kegiatan olahraga dengan memanfaatkan potensi wisata kita yang memang luar biasa. Kegiatan olahraga yang akan melibatkan banyak peserta sekaligus bisa berwisata," kata orang nomor satu Purwakarta tersebut.

Manfaat Bagi Pelaku Ekonomi

Menurut Bupati Anne, penyelenggaraan event olahraga wisata nantinya bisa memberi manfaat bagi para pelaku ekonomi UMKM maupun pelaku ekonomi daerah serta para pelaku ekonomi nasional. Selain bisa menjadi ajang promosi efektif, kegiatan olahraga akan menghadirkan banyak kebutuhan jasa dan logisik dalam jumlah besar.

"Itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi kita, mulai dari level UMKM hingga pelaku ekonomi level provinsi dan nasional. Muaranya adalah ekonomi akan ikut bergerak maju sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Anne.

Bagi Kabupaten Purwakarta potensi dan peluang menyelenggarakan kegiatan olahraga dengan memanfaatkan potensi wisata sangat terbuka besar. Mengingat Purwakarta yang posisinya sangat srategis diperlintasan utama jalur transportasi Jawa Barat itu tercatat sedikitnya memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, wisata religi dan wisata edukasi

"Itu peluang sangat besar yang tidak boleh kita sia-siakan. Saya akan mengajak semua pihak untuk bekerjasama  agar kegiatatan olahraga dan wisata bisa dikembangkan dengan baik," kata Bupati Anne Ratna Mustika.

Purwakarta sendiri punya pengalaman dalam menyelenggarakan olah raga sekaligius memanfaatkan potensi wisata. bahkan event olahraga yang digelarnya itu levelnya bukan main-main, yaknia level internasional, seperti yang digelar di Waduk Jatiluhur pada Januari 2023 lalu, yakni ITB Jatiluhur International Triathlon 2023.

Pada ajang ITB Jatiluhur International Triathlon 2023  tersebut, selain atlet nasional, juga diikuti oleh atlet dari mancanegara diantaranya dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia dan Australia. Kejuaraan Triathlon memperlombakan tiga cabang olahraga sekaligus yakni renang, sepeda dan lari.

Waduk Jatiluhur yang  merupakan waduk terbesar di Indonesia itu merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Purwakarta bahkan Jawa Barat. Waduk Jatiluhur juga kerap menjadi venue berbagai perlombaan dayung kelas nasional dan internasional.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami