Rayakan Hari Kemenangan Indonesia, Purwakarta Gelar Air Mancur Menari, Ribuan Pengunjung Terpukau

  • 14 Agustus 2023 09:05
  • Administrator
  • 121 Membaca
Rayakan Hari Kemenangan Indonesia, Purwakarta Gelar Air Mancur Menari, Ribuan Pengunjung Terpukau

PURWAKARTA - Air Mancur Menari Sri Baduga sebagai salah satu atraksi wisata budaya unggulan Kabupaten Purwakarta kembali digelar Sabtu (12/8) malam.

Selain untuk merayakan HUT Kabupaten Purwakarta ke-55 dan Kota Purwakarta ke-55, pertunjukan air mancur terbesar di kawasan Asia Tenggara itu juga untuk merayakan hari kemenangan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Keindahan atraksi itu memukau ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah lain sekitar Purwakarta, yakni Kabupaten Subang, Karawang, Bekasi, Bogor, Cianjur.

Pengujung juga datang dari Kota Bandung, ibukota provinsi Jawa Barat. Bahkan pengunjung juga banyak yang datang  dari DKI Jakarta

Parayaan hari kemenangan Indonesia itu tercermin dari berbagai atraksi budaya mewakili berbagai daerah di nusantara. Setiap liukan indah tarian air mancur diiringi lagu-lagu daerah secara bergantian.

Sorot tajam lampu warna-warni semakin menunjukan tentang keberagaman nusantara namun terikat kuat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, selain merayakan kemenangan Indonesia, pagelaran atraksi air mancur menari itu sekaligus sebagai ungkapan syukur kepada Allah yang maha kuasa, karena persatuan Indonesia tetap kokoh terjaga sejak di proklamasikan kemerdekaannnya pada 17 Agustus 1945 lalu.

"Rakyat Purwakarta sangat berbangga bisa merayakan HUT Purwakarta sekaligus merayakan kemerdekaan Indonesia. Pagelaran ini adalah persembahan rakyat Purwakarta untuk Indonesia," kata Bupati Anne Ratna Mustika, Senin, 14 Agustus 2023.

 

Bantu Pelaku UMKM

Pagelaran itu juga dimanfaatkan untuk membantu ratusan pedagang pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarakan berbagai produknya.

Data dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta menyebutkan, sekitar Rp 500 juta berhasil diraup ratusan UMKM selama pertunjukan air mancur menari.

Raupan angka dihasilkan dari berbagai pemasaran produk UMKM meliputi produk kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk kreatif lainnya.

Berbagai barang dagangan mereka banyak diserbu sekitar 10 ribu pengunjung yang datang dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan keindahan dan kemegahan atraksi air mancur manari.

Sekretaris DKUPP Purwakarta, Eka Sugriana mengatakan, atraksi wisata budaya air mancur menari itu memberikan peluang sangat besar bagi para pelaku UMKM memasarkan berbagai produknya.

"Karena atraksi wisata itu berhasil memikat ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Para pengunjung itu merupakan pasar potensial bagi produk-produk UMKM Purwakarta," kata Eka

"Termasuk pertunjukan air mancur yang luar biasa menjaring pengunjung sangat banyak. Itu pasar yang sangat potensial yang bisa dimantfaatkan para pelaku UMKM," kata Eka Sugriana.

Besarnya jumlah omzet yang berhasil diraup para pelaku UMKM itu mendapatkan apresiasi dari Bupati Anne Ratna Mustika.

Menurut Bupati Anne, atraksi wisata budaya air mancur menari itu bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Purwakarta.

"Berbagai atraksi budaya dan pertunjukan air mancur yang sangat indah itu memang menjadi daya tarik luar biasa menjaring wisatawan datang ke Purwakarta. Potensi itu harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ini peluang bagi peningkatan ekonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat," kata Bupati Anne Ratna Mustika.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami