Rapim Perdana, Pj. Bupati Purwakarta Ingatkan ASN Agar Taat Regulasi

  • 27 September 2023 19:27
  • Administrator
  • 98 Membaca
Rapim Perdana, Pj. Bupati Purwakarta Ingatkan ASN Agar Taat Regulasi

Penjabat Bupati Purwakarta Beni Irwan pimpin Rapat Pimpinan (Rapim) perdana di lingkungan Pemkab Purwakarta. Dalam agenda tersebut, tampak hadir jajaran Perangkat Daerah, Staf Ahli dan para Camat di Kabupaten Purwakarta. Benni mengajak agar seluruh ASN di Purwakarta dapat memagari diri dengan aturan atau regulasi yang berlaku.

Pada agenda yang digelar di Aula Janaka, Rabu 27 September 2023 itu, Benni juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan program dan rencana pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama soal membangun semangat dan spirit yang sama untuk bekerja di Kabupaten Purwakarta.

"Karena bapak-bapak ini kan sudah lama dan saya yang datang, Jadi sambil melihat posisi dan mendalami tupoksi masing-masing teman-teman di Pemda, mari bersama kita membangun silaturahmi untuk bisa berkomunikasi lebih lancar, antara bupatinya dengan kepala dinasnya," kata Benni Irwan.

Ia juga menginginkan, agar seluruh ASN di Kabupaten Purwakarta bisa menempatkan dirinya dengan sebaik mungkin. Dalam hal berpakaian, ia juga mengajak seluruh pegawai di Purwakarta bisa berpakaian sesuai dengan aturan.

"Kalau kita pakai baju coklat, ya pakailah papan nama pakai lambang Korpri pakaian name tag, kalau saya pakai papan nama, selain itu lingkungan kerja masing-masing bisa ditata lebih baik kebersihannya keindahannya kenyamanannya," kata Beni Irwan.

Menurut Benni, selain kaitan dengan kebersihan, ada beberapa kegiatan yang perlu diwaspadai dan diantisipasi oleh semua pegawai Pemda Purwakarta. Untuk September sampai Desember 2023 ini ada Pilkades yang mau dilaksanakan di bulan Oktober sebanyak 13 desa, dan persiapan terkait dengan Pemilu dan Pilkada 2024 serta kegiatan-kegiatan lain yang sudah direncanakan dan sudah dianggarkan di 2023 untuk segera dilaksanakan.

"Saya meminta realisasi pendapatan dan relaksasi belanja itu bisa maksimal, mudah-mudahan bisa kurun waktu 4 bulan ini bisa bisa tercapai," ujarnya.

Sementara, terkait program yang difokuskan, Benni mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden pada Rakor bersama seluruh Bupati, yang pertama program-program yang berkaitan dengan pengendalian inflasi, kepala daerah itu bersama jajarannya harus memastikan bahwa tidak ada gejolak dan persoalan di tengah-tengah masyarakat atas kekurangan komoditi tertentu, secara nasional pemerintah memperhatikan secara khusus terhadap ketersediaan beras.

"Intinya kita mempunyai tanggung jawab untuk menuntaskan itu, kalau memang perlu anggaran turun ya kita gunakan anggaran yang ada sesuai dengan aturannya, ada bansos bisa digunakan ada BTT bisa digunakan, atau anggaran-anggaran yang sudah ada di masing-masing dinas," kata Benni.

Lalu, terkait soal angka stunting di Kabupaten Purwakarta, ia mengatakan, hal tersebut harus menjadi PR bersama, pihaknya meminta data real tentang penduduk Purwakarta yang terkena stunting.

"Soal kemiskinan juga masih menjadi apa menjadi arahan presiden, apalagi kemiskinan ekstrim yang di 2024 itu harus tuntas semua, stunting itu harus turun jadi 14 persen sesuai arahan presiden, nah ini menjadi PR bersama. Saya dengan teman-teman dalam waktu singkat ini, angka stunting kita masih cukup tinggi, saya lihat Dinas Kesehatan sudah melakukan beberapa upaya-upaya, memberikan sosialisasi kepada publik," kata Benni Irwan.

Dan terkait jabatan Eselon II yang kosong, ia menyampaikan akan melihat perkembangannya terlebih dahulu, pada prinsipnya pihaknya tidak berniat untuk melakukan mutasi yang sifatnya tidak konstruktif. "Harus rasional tapi kembali lagi kepada teman-teman di Pemda. Kekosongan Jabatan itu memang harus diisi kalau tidak roda pemerintahan itu tidak seimbang.

"Nanti kita lihat bersama-sama jika perlu melibatkan yang dari luar nanti kita akan mendorong, kita akan minta bantu untuk melihat memberikan atau mengikuti proses-proses pengisian tadi atau juga memberikan masukan-masukan untuk penempatan yang lebih pas dengan prinsip right man on the right place, harus betul-betul dilakukan," demikian Benni Irwan.a (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami