Raih 5 Penghargaan Bergengsi, Pemkab Purwakarta Terus Perkuat Keterbukaan Informasi Publik

  • 13 Februari 2024 15:22
  • Administrator
  • 62 Membaca
Raih 5 Penghargaan Bergengsi, Pemkab Purwakarta Terus Perkuat Keterbukaan Informasi Publik

PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus  bergerak memperkuat kualitas informasi berbagai kebijakan pemerintah. Langkah itu sekaligus untuk memperkuat keterbukaan informasi strategis bagi publik.

Diraihnya lima penghargaan prestisius dan bergengsi tingkat nasional dan provinsi Jawa Barat oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta membuktikan Pemkab Purwakarta berjalan pada jalur yang tepat dalam membangun dan memperkuat kualitas informasi strategis bagi publik.

"Penguatan kualitas informasi publik merupakan suatu langkah yang harus kita tempuh. Masyarakat makin cerdas dan kiritis. Informasi yang berkualitas menjadi tuntutan yang tidak terhindarkan. Kita harus siap menjawab semua tuntutan publik tersebut," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono, Selasa 13 Februari 2024.

Rudi menjelaskan, kebutuhan memperkuat kualitas informasi publik  itu sejalan dengan arahan Penjabat (Pj) Bupati Benni Irwan yang memberikan perhatian khusus agar masyarakat Purwakarta semakin  cerdas dan memperoleh manfaat dari berbagai kebijakan strategis Pemkab Purwakarta.

"Bapak Pj Bupati memberikan arahan agar semua kebijakan strategis Pemkab Purwakarta bisa dengan mudah dipahami dan diakses masyarakat. Informasi yang disuguhkan juga harus semakin berkualitas dan mampu menjadi motivasi bagi masyarakat untuk membangun kualitas dirinya," kata Rudi.

Lima penghargaan yang berhasil diraih dalam empat bulan terakhir itu meliputi Penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Desember 2023.

Penghargaan Top Digital Implementation 2023 Star 4 dari Majalah ItWorks dan Asosiasi IT dan TELCO Indonesia (Desember 2023).

Penghargaan Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif Dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat (November 2023).

Kemudian Penghargaan Inovasi Web Desaku Top 50 dari Gubernur Jawa Barat dan Penghargaan Digital Literacy of The Year dari Gubernur Jawa Barat (September 2023).

 

Peningkatan Kualitas SDM

Rudi mengatakan, untuk terus memperkuat kualitas informasi strategis dan keterbukaan informasi publik, sejumlah langkah telah dan sedang dijalankan. Diantarannya adalah dengan terus meningkatkan kualitas kinerja sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Diskominfo. 

"SDM yang ada terus kita latih dengan berbagai keterampilan dalam penguasaan bidang informasi. Pengetahuan mereka kita terus tingkatkan. Penguasaan mereka terhadap teknologi harus semakin baik. Kemudian kita siapkan ekosistem yang sehat, sehingga mereka bisa memproduksi informasi yang strategis dan berkualitas," papar Rudi.

Saat ini, menurut Rudi, personil yang mengelola tata kelola sistem informasi di Diskominfo Purwakarta berjumlah 169 orang, 41 diantaranya berstatus ASN dan sisanya non ASN. 

"Kualitas mereka akan terus kita tingkatkan dengan menggelar sejumlah pelatihan dan pengayaan pengetahuan. Mereka harus mampu menjadi tulang punggung yang berkualitas bagi Diskominfo Purwakarta," lanjut Rudi.

Selain mengoptimalisasi sumber daya manusia internal Diskominfot, lanjut Rudi, penguatan kualitas informasi dan keterbukaan informasi publik juga dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai kalangan stake holder seperti kalangan praktisi, akademisi dan kelompok profesional.

"Prinsipnya berbagai langkah strategis harus kita siapkan agar kualitas keterbukaan informasi publik semakin baik. Kita ingin berbagai informasi kebijakan strategis Pemkab Purwakarta bisa semakin tersebarluaskan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata Rudi Hartono. (Diskominfo) 

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami