Purwakarta Siap Gelar Jambore Olah Raga Rekreasi, Menpora Dijadwalkan Hadir

  • 30 Mei 2023 14:30
  • Administrator
  • 100 Membaca
Purwakarta Siap Gelar Jambore Olah Raga Rekreasi, Menpora Dijadwalkan Hadir

 

 

PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta siap menggelar Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI). Sejumah langkah persiapan terus dimatangkan untuk menyukseskan penyelenggaraan jambore yang rencananya akan dihadiri langsung Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Bupati Anne Ratna Mustika meminta semua jajarannya untuk bekerja keras bagi kesuksesan jambore olah raga rekreasi tersebut. Sarana atau fasilitas yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Jambore KORMI harus dipersiapkan secara baik.

"Secara umum, sejumlah sarana atau fasilitas olahraga yang akan digunakan sudah sangat siap. Sebelumnya kita telah melakukan renovasi terhadap venue olahraga yang bisa digunakan untuk penyelenggaraan Jambore KORMI," kata Bupati Anne Ratna Mustika, Selasa, 30 Mei 2023.

Jambore KORMI sendiri akan dilgelar pada 10 Juni 2023. Menpora Dito Ariotedjo dijadwalkan hadir dalam jambore tersebut. Undangan untuk menghadiri kegiatan itu disampaikan langsung Bupati Anne Ratna Mustika saat bertemu Dito Ariotedjo di Kantor Menpora Jakarta, 3 Mei lalu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta telah mempersiapkan sejumlah venue  yang akan digunakan selama jambore berlangsung. Salah satu vemue yang dipersiapkan adalah Stadion Purnawarman. Stadion terbesar di Kabupaten Purwakarta itu sebelumnya telah direnovasi menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Purwakarta merenovasi sejumlah venue olahraga. Langkah itu dtempuh selain untuk mendukung pembinaan para atlet agar lebih berprestasi, juga untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai even olahraga.

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan, tersedianya fasilitas olahraga yang memadai merupakan salah satu kunci sukses pembinaan olahraga di daerah. 

Orang nomor satu di Purwakarta itu mengatakan, fasilitas olahraga yang semakin baik, memadai, dan modern juga dapat mempengaruhi masyarakat untuk berpartisipasi dalam olahraga.

"Semakin baik sebuah fasilitas olahraga maka diharapkan akan merangsang minat masyarakat untuk berolahraga. Sarana olahraga yang semakin baik maka bisa memacu semakin tinggi pula minat masyarakat untuk berpartisipasi," kata Bupati Anne.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan untuk (Disporaparbud) Purwakarta,  Ramdhan mengatakan, dalam waktu dekat setidaknya ada dua even olahraga yang akan di gelar di Purwakarta.

Pertama adalah penyelenggaraan Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), dan kedua adalah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (POPWILDA) Wilayah 2 Jawa Barat.

Untuk Jambore KORMI, lanjut Ramdhan, pelaksanaannya akan digelar pada awal Juni 2023 ini. Sementara untuk POPWILDA Wilayah 2 Jawa Barat akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang.

 

Khusus untuk Jambre KORMI, lanjut Ramdhan, rapat pematangan persiapannya sudah dilakukan pada 25 Mei lalu dipimpin langsung Bupati Anne Ratna Mustika.

"Rapat itu dalam rangka mematangkan persiapan penyelenggaraan JAMBORE Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023 nanti. Rapat juga untuk mematangkan rencana kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Jambore KORMI nanti," kata Ramdhan.

Pembinaan Atlet Dan Generasi Muda

 Menurut Ramdhan, kegiatan Jambore KORMI di Kabupaten Purwakarta dimaksudkan sebagai langkah  pembinaan atlet Purwakarta untuk berbagai cabang jenis olahraga rekreasi.

"Tujuan lainnya adalah  mengajak generasi muda untuk ikut berperan atif dalam berbagai kegiatan positif, termasuk berperan aktif dalam bidang olahraga rekreasi," kata Ramdhan.

Sejumlah cabang olahraga rekeasi yang akan dilaksanakan selama jambore diantaranya ketapel, layangan, egrang, e-sport, senam kreasi, sepeda BMX dan parade drum band.

Ramdhan mengatakan, langkah Bupati Anne dalam merenovasi sejumlah venue olahraga, salah satunya adalah untuk mempersiapkan Purwakarta mampu menggelar berbagai even olahraga, temasuk dalam menyelenggarakan Jambore KORMI.

"Renovasi sarana olahraga itu juga untuk makin memperluas dan memperbanyak lahirnya prestasi bagi cabang olahraga lain," kata Ramdhan.

Menurutnya, selama ini prestasi olahraga Purwakarta yang sudah dikenal secara luas adalah olahraga dayung. Prestasi atlet dayung Puwakarta bahkan sudah dikenal di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Sementara venue olahraga di Purwakarta yang levelnya diakui secara nasional dan internasional adalah Waduk Jatilhur. Waduk terbesar di Indonesia itu kerap menjadi venue berbagai perlombaan dayung kelas nasonal dan internasional.

Bahkan pada Januari 2023 lalu, waduk Jatiluhur Purwakarta sukses menggelar ajang olahraga tingkat internasional yakni ITB Jatiluhur International Triathlon 2023. Kejuaraan Triathlon memperlombakan tiga cabang olahraga sekaligus yakni renang, sepeda dan lari.

Pada ajang ITB Jatiluhur International Triathlon 2023  tersebut, selain atlet nasional, juga diikuti oleh atlet dari mancanegara diantaranya dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia dan Australia.

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga rekreasi di Indonesia.

Jenis olahraga rekreasi adalah salah satu jenis olahraga yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Dalam undang-undang tersebut, sistem keolahragaan nasional dibagi menjadi olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi. Atlet olahraga rekreasi sering disebut sebagai pegiat olahraga

Terdapat tiga tujuan utama dalam olahraga rekreasi, yakni, pertama, memperoleh kesehatan, kebugaran jasmani, dan kegembiraan. Kedua, membangun hubungan sosial dan ketiga melestarikan kekayaan budaya daerah dan nasional

KORMI memiliki cabang di seluruh provinsi di Indonesia. KORMI menaungi berbagai induk olahraga (Inorga( di Indonesia yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT), Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK) serta Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB).(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami