Purwakarta Sabet Juara Nasional Pencapaian Pelayanan KB Pasca Persalinan

  • 07 Juli 2023 11:48
  • Administrator
  • 150 Membaca
Purwakarta Sabet Juara Nasional Pencapaian Pelayanan KB Pasca Persalinan

 

PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta berhasil menyabet peringkat tertinggi nasional dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana (KB).

Kabupaten penghasil salah satu manggis terbaik di Indonesia itu berhasil menjadi juara pertama dalam kategori Capaian Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Pasca Persalinan.

Prestasi membanggakan itu diraih Kabupaten Purwakarta melalui kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Ke-30 yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 14 Juni 2023 lalu.

Mengikuti sebagai juara kedua adalah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan juara ketiga diraih Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pengumuman pemenang  itu disampaikan BKKBN Pusat melalui surat bertanggal 3 Juli 2023, yang ditandatangani Deputi Bina Akses Pelayanan BKKBN, H. Zamhir Setiawan.

Kabupaten yang dipimpin Bupati Anne Ratna Mustika tu ditetapkan sebagai juara pertama setelah berhasil melampaui angka target yang ditetapkan dalam capaian pelayanan KB pasca persalinan.

Untuk kategori itu jumlah pelayanan KB pasca persalinan Purwakarta berhasll mencapai 3.236 peserta KB. Angka itu sangat jauh melampaui dari target yang ditetapkan yakni 241 peserta KB atau mencapai 1.324,7 persen. dari angka yang ditargetkan.

Kerja Keras Banyak Pihak

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan, pencapaian prestasi yang sangat membanggakan itu bisa diraih berkat kerja keras jajaran Pemkab Purwakarta bersama instansi pemerintah yang lain, termasuk dukungan luar biasa  TNI-Polri, dalam menyukseskan program KB Nasional.

"Purwakarta selalu menempatkan program KB sebagai program yang sangat penting dan strategis. Kita terus bekerja keras dengan banyak pihak untuk memastikan semua program KB bisa berjalan dengan sukses. Penghargaan yang kita raih ini adalah bukti dari keberhasilan kerja keras melalui kerja sama semua pihak," kata Anne Ratna Mustika, Jumat, 7 Juii 2023.

Prestasi Purwakarta dalam program KB Nasional itu menambah prestasi yang sudah diraih sebelumnya, yakni Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Daerah Yang Mendukung Program KB Metode Operasi Pria (MOP) pada 14 Februari 2023 lalu

"Berbagai penghragaan yang kita terima itu sekaligus membuktikan bahwa pelaksanaan penyuksesan program KB Nasional di Purwakarta berada pada jalur yang tepat. Prestasi ini harus kita jaga dengan terus meningkatkan berbagai capaian yang sudah kita peroleh menjadi semakin baik lagi," kata Bupati Anne Ratna Mustika.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami