Perkuat Sumber Pangan Masyarakat, Pemkab Purwakarta Sebar Ratusan Ribu Benih Ikan Ke Berbagai Situ

  • 18 Maret 2024 09:07
  • Administrator
  • 55 Membaca
Perkuat Sumber Pangan Masyarakat, Pemkab Purwakarta Sebar Ratusan Ribu Benih Ikan Ke Berbagai Situ

PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus memperkuat sumber pangan sekaligus sumber gizi bagi masyarakat. Langkah yang ditempuh diantaranya dengan menyebar ratusan ribu benih ikan ke berbagai situ desa di Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono mengatakan, sesuai arahan Penjabat (Pj) Bupati, berbagai langkah strategis terus diupayakan untuk memastikan sumber pangan dan sumber gizi masyarakat Purwakarta makin bervariasi dan memiliki stok yang aman. 

"Bapak Penjabat (Pj) Bupati selalu mengarahkan seluruh instansi terkait di Pemkab Purwakarta untuk bekerja keras memastikan sumber ketersediaan pangan masyarakat terpenuhi," kata Rudi Hartono, Senin, 18 Maret 2024.

Data dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta menyebutkan, dalam semester pertama 2024, sebanyak 350 ribu benih berbagai jenis akan disebar ke Waduk Jatiluhur dan empat situ yang tersebar di tiga kecamatan.

Kepala Diskanak Purwakarta Siti Ida Hamidah mengatakan, sejumlah situ yang akan disebar benih ikan itu meliputi Situ Cisarakan, Desa Cikadu, Kecamatan Cibatu. Situ Cibago, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao. Kemudian Situ Cikumpay, Desa Cikumpay  dan Situ Cigangsa, Desa Campakasari, Kecamatan Campaka. 

Masing-masing waduk dan situ itu akan disebar ikan dengan jumlah bervariasi antara 30 ribu ekor hingga 50 ribu ekor benih. Jumlah sebaran akan disesuaikan dengan luasan masing-masing situ.

"Berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi akan kita sebar ke waduk Jatiluhur dan situ-situ tersebut, seperti ikan Nila, ikan Patin, ikan Mas, ikan Mujair, ikan Nilem, dan jenis ikan air tawar lainnya. Ikan itu bisa menjadi sumber pasokan pangan dan gizi yang baik bagi masyarakat," kata Ida.

 

Restocking Dan Optimalisasi Situ

Sementara menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Purwakarta Norman Nugraha, langkah penyebaran benih ikan ditempuh untuk mengoptimalkan fungsi situ selain sebagai sumber cadangan air pertanian, juga sebagai sumber pangan dan gizi masyarakat pedesaan.

Optimalisasi pemanfaatan situ-situ di seluruh Purwakarta itu, lanjut Norman, juga untuk mengembangkan perikanan darat yang bisa dikelola langsung masyarakat desa setempat.

"Sesuai arahan Pj Bupati, selain bisa menjadi salah satu penopang sumber pangan dan gizi rakyat desa, otptimalisasi fungsi situ melalui pengembangan ikan air tawar juga bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi warga setempat," kata Norman.

Kepala Diskanak Purwakarta, Siti Ida Hamidah menjelaskan, penyebaran benih ikan itu sekaligus bagian dari program restocking ikan perairan umum atau perairan darat.

"Restocking adalah salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan diperairan umum," kata Ida.

Tujuan restocking, lanjut Ida,  selain menambahkan stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

"Melalui restocking perikanan kita harap bisa mengembalikan fungsi situ-situ sebagai ekosistem air yang baik. Selain berfungsi sebagai penyedia cadangan air pertanian, situ juga bisa jadi pengembangan ikan sebagai sumber pangan," kata Ida.

Menurut Ida, langkah menyebar benih-benih ikan itu juga merupakan salah satu cara yang ditempuh Pemkab Purwakarta untuk membantu masyarakat pedesaan punya sumber pendapatan melalui perikanan.

"Langkah itu bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat. Selain itu, Pj Bupati juga ingin sumber protein dan gizi masyarakat desa diperkuat. Ikan merupakan salah satu sumber protein dan gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan fisik dan peningkatan kecerdasan masyarakat," kata Ida. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami