Perkuat Pelayanan Masyarakat Desa, Bupati Anne Bantu Ratusan Motor Buat Aparat Pemdes

  • 10 April 2023 13:58
  • Administrator
  • 177 Membaca
Perkuat Pelayanan Masyarakat Desa, Bupati Anne Bantu Ratusan Motor Buat Aparat Pemdes

 

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyerahkan bantuan 183 kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor) kepada jajaran pemerintahan desa (Pemdes) se-Kabupaten Purwakarta.

Bantuan itu untuk meningkatkan dan memperkuat kuantitas dan kualitas pelayanan aparatur pemdes kepada masyarakatnya.

"Langkah bantuan kendaraan operasional itu merupakan salah satu bentuk dukungan atau fasilitas yang Pemkab berikan kepada seluruh pemerintah desa dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas untuk memimpin, melayani dan mengelola desa," kata Bupati Anne, Senin 10 April 2023.

Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Anne kepada 183 pemerintahan desa seluruh Kabupaten Purwakarta. Penyerahan dilakukan di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Purwakarta.

Khusus untuk Desa Parung Banteng, Kecamatan Sukasari, selain sepeda motor, juga diberikan bantuan satu unit mobil ambulan yang dilengkapi peralatan kesehatan serta perahu karet.

Bupati perempuan pertama Purwakarta itu juga mengatakan bahwa pemberian bantuan kendaraan operasional bagi pemerintahan desa bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas-tugas kepala desa dalam memimpin dan mengelola desa.

"Kendaraan operasional ini dapat digunakan untuk keperluan dinas, seperti menghadiri rapat atau koordinasi dengan instansi terkait, memantau pembangunan infrastruktur di desa, serta melakukan kunjungan ke lapangan yang ada di wilayah desanya," ujar  Bupati Anne yang akrab dipanggil Ambu Anne tersebut.

Dengan kendaraan dinas operasional ini diharapkan dapat meningkatkan efesiensi waktu dan biaya karena jajaran pemdes tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang bisa memakan waktu dan biaya lebih banyak.

"Hal ini dapat meningkatkan produktivitas kepala desa dan meningkatkan kinerja pemerintahan desa secara keseluruhan," ujar Ambu Anne.

Bantuan kendaraan dinas operasional bagi pemerintahan desa dilakukan dengan pertimbangan bahwa kepala desa membutuhkan kendaraan operasional yang memadai untuk melakukan tugas-tugas dinasnya, terutama dalam hal mobilitas dan efisiensi waktu.

"Selain itu, kendaraan dinas juga dapat meningkatkan kinerja pemerintahan desa dan memperkuat hubungan kerja sama antara kepala desa dan pemerintah daerah," kata Ambu Anne.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jaya Pranolo meminta seluruh pemerintahan desa dapat memelihara, menjaga dan bertanggung jawab atas keberadaan kendaraan yang di pakainya.

"Jajaran pemerintahan desa diharapkan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kendaraan bantuan Bupati tersebut. Kami minta bantuan sepeda motor itu dipelihara dengan baik, termasuk jangan telat membayar pajak kendaraannya," kata Jaya Pranolo.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami