Penjabat Bupati Purwakarta Launching Penyaluran Bantuan Pangan Tahun 2024

  • 27 Januari 2024 12:54
  • Administrator
  • 99 Membaca
Penjabat Bupati Purwakarta Launching Penyaluran Bantuan Pangan Tahun 2024

Cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan itu, akan didistribusikan kepada 87.225 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar pada 17 kecamatan di 192 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Secara simbolis, Launching penyaluran bantuan pangan tahap pertama tahun 2024 ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan di halaman kantor Kecamatan Purwakarta Kota, Sabtu 27 Januari 2024. Dalam agenda tersebut tampak hadir jajaran Bulog Divre Subang dan perwakilan PT Pos Indonesia Cabang Purwakarta.

"Hari ini kita melaksanakan launching untuk penyerahan bantuan sosial berupa beras yang berasal dari cadangan pangan pemerintah. Di Kabupaten Purwakarta target keluarga penerima manfaat itu berjumlah 87.225 keluarga penerima manfaat. Di tempat ini, kita hadirkan sekitar seribu KPM," kata Benni Irwan, kepada awak media.

Menurutnya, di tempat berbeda, hari ini akan dibagikan sebanyak 4.103, paket beras kepada 4.103 keluarga penerima manfaat. "Untuk KPM lainnya secara bertahap akan dibagikan melalui PT. Pos, paling lambat untuk tahap pertama (Januari-Maret) distribusinya paling lambat hingga 31 Januari 2024," ujar Benni.

Benni juga mengatakan, setiap KPM menerima satu paket bantuan pangan pemerintah tersebut berupa beras dengan berat 10 kilogram. "Ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah dibawah pimpinan bapak Presiden Joko Widodo, sebenarnya kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun lalu dalam kurun waktu 7 bulan di tahun 2023 kita sudah bagikan 3 tahap kepada 87.225 KPM kala itu," kata Benni.

Ia juga mengungkapkan saat kehadiran Presiden Joko Widodo di Kabupaten Purwakarta beberapa bulan yang lalu, kepala negara itu berkenan menyampaikan langsung kepada seribu KPM warga Purwakarta, yang dilaksanakan di Lapangan Sahate.

"Saat itu merupakan rangkaian acara kunjungan kerja beliau peresmian PLTS Cirata lalu meninjau pasar di Citeko untuk pengendalian inflasi. Selain itu presiden juga berkunjung ke SMK sekaligus membagikan cadangan pangan kita berupa beras kepada masyarakat kita di tahun 2023. Dan pada saat itu beliau juga sudah menyampaikan bahwa program bantuan sosial beras ini akan dilanjutkan di tahun 2024 ini," kata Benni.

Hari ini, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta beserta Forkopimda, Bulog dan PT. Pos Indonesia kembali menyalurkannya bantuan pangan. "Sekaligus menyampaikan kepada publik bahwa pemerintah memenuhi janjinya untuk melanjutkan program bantuan pangan di tahun 2024 ini," ujarnya.

Pihaknya juga telah mengkoordinasikan program bantuan pangan ini kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa agara memastikan proses pembagian beras ini berjalan dengan lancar. "Jika ada hal-hal teknis atau dinamika di lapangan bisa dikoordinasikan dengan pemerintahan daerah, bisa ke kantor pos atau nanti juga bisa ke Pemda. Sehingga semuanya bisa berjalan lancar sesuai rencana," kata Benni.

Ia juga mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden, ini juga merupakan upaya dari pemerintah untuk membantu masyarakat untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan sembako terutama beras.

"Pada saat yang sama juga ini merupakan upaya untuk menekan angka kemiskinan serta mengendalikan inflasi. Kita berharap hal ini dapat berpengaruh kepada upaya untuk menekan angka stunting. Bantuan sosial ini tidak hanya beras, ini salah satu saja, ada bantuan sosial lainnya, baik di bidang pendidikan di bidang kesehatan termasuk juga unsur peningkatan ekonomi dan yang lainnya, yang terbagi dalam beberapa paket-paket kegiatan lainnya," demikian Benni Irwan. (Diskominfo)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami