Penjabat Bupati Purwakarta Lantik 13 Kades Hasil Pilkades Serentak Gelombang Kedua Tahun 2023

  • 08 Desember 2023 08:37
  • Administrator
  • 125 Membaca
Penjabat Bupati Purwakarta Lantik 13 Kades Hasil Pilkades Serentak Gelombang Kedua Tahun 2023

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan lantik 13 kepala desa yang tersebar pada 8 kecamatan hasil Pilkades serentak gelombang kedua yang telah digelar pada 22 Oktober 2023 lalu.

Pada prosesi pelantikan yang digelar di Pendopo Pemkab Purwakarta, Kamis 07 Desember 2023 itu, tampak hadir Sekda Purwakarta Norman Nugraha dan jajaran DPMD setempat yang dipimpin Jaya Pranolo, Ketua Komisi I DPRD Purwakarta Nina Heltina yang juga Ketua MPC PP Purwakarta, serta sejumlah pejabat perangkat daerah lainnya.

Dalam keterangannya, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa hari ini merupakan amanat peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2015 perubahan atas peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

"Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, saya mengucapkan selamat kepada seluruh kepala desa yang baru saja dilantik, dengan harapan para kepala desa yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran baru dalam mengisi pembangunan di desa dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Benni Irwan.

Selaku Penjabat Bupati, Benni juga mengajak masyarakat optimis dalam menyongsong tahun 2024 dengan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik untuk kemajuan Purwakarta pasca pendemi Covid-19.

Kata Benni, pemerintah pusat telah memberikan ruang kepada daerah dan desa untuk bisa bangkit dan pulih di berbagai bidang khususnya pemulihan perekonomian desa dengan menggunakan dana desa secara efektif dan efisien sesuai dengan prioritas di desanya masing masing.

"Saya berpesan kepada seluruh kepala desa di Kabupaten Purwakarta yang telah mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memegang amanat. Hendaknya bisa dekat dengan rakyat, tanpa membedakan status sosial di masyarakat, mampu memahami dan menyerap aspirasi serta menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat," ujar Benni.

Lanjut Benni, jangan sampai masyarakat terbelah dan terkotak-kotak, hanya karena perbedaan, apalagi tahun politik pada saat masa sekarang ini "Dan kepada masyarakat saya harapkan untuk memberikan masukan yang bersifat membangun kepada kepala desa, saling berkoordinasi dan bekerjasama untuk kemajuan di desanya masing-masing," tuturnya.

Ia juga menekankan beberapa hal untuk para kepala desa yang baru dilantik. Pertama, dalam setiap pelaksanaan tugas, Kades harus berpedoman pada hukum dan aturan yang berlaku. Segera susun RPJMDes maksimal tiga bulan sejak tanggal pelantikan, laksanakan semua program dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kedua, sebagai pemimpin masyarakat, saudara harus berorientasi pada pengabdian yang didasarkan kesadaran bahwa saudara dipilih oleh masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat harus diutamakan. Ketiga, segera pelajari dan pahami tugas, kewajiban, dan wewenang saudara sebagai kepala desa. Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan lembaga yang ada di desa, terutama BPD sebagai mitra pemerintah desa," ujarnya.

"Rangkul dan libatkan masyarakat dalam pembangunan tanpa pandang bulu, tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, karena semua warga menjadi tanggung jawab saudara. berdayakan perangkat desa sesuai tugas pokok dan fungsinya sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," lanjut Benni.

Kemudian yang keempat, kepada para istri kepala desa atau yang ditunjuk menjadi ketua tim penggerak PKK desa. "Saya minta untuk selalu mendampingi dan mendukung suami yang telah menduduki jabatan kepala desa dalam setiap melaksanakan tugasnya. Saya berharap ketua tim penggerak PKK desa ikut berperan dan mendukung dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan kepada masyarakat sesuai dengan program program yang diamanatkan kepada desa dengan instruksi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat atau daerah di wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Benni juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama mempercepat pemulihan pertumbuhan ekonomi, perlindungan sosial, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur dasar menuju Kabupaten Purwakarta yang sejahtera, berkeadilan, dan berdaya saing.

Sementara, Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengucapkan syukur dan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam Pilkades serentak gelombang kedua tahun 2023 ini.

Menurutnya, secara umum, penyelengaraan Pilkades serentak untuk memilih 13  Kades periode 2023-2029 telah berjalan dengan lancar dan aman, hingga pada hari ini para kades terpilih dapat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Penjabat Bupati Purwakarta pun berjalan dengan hidmat.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Penjabat Bupati yang telah melantik dan mengambil sumpah  para kades terpilih periode 2023 -2029 dan telah memberikan amanah, sambutan dan catatan penting bagi mereka tentang tupoksi, peran, tantangan dan  harapan kepada para kades terpilih," kata Jaya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Forkopimda dan semua pihak yang terlah berperan dan membantu pelaksanaan pilkades tersebut dari mulai Camat dan unsur Muspika serta perangkat Kecamatan. Seluruh panitia pelaksana Pilkades tingkat desa, Pengawas, BPD, Pejabat Kades, Perangkat Desa, Linmas dan para tokoh masyarakat , lembaga desa dan seluruh masyarakat yang berperan dalam penyelengaraan Pilkades tersebut. Termasuk didalamnya kepada para awak media yang ikut berpatisipasi mempublikasikan gelaran  Pilkades di Purwakarta.

"Tak lupa apresiasi dan ucapan

terima kasih kami ucapkan juga kepada Polres dan Kodim Purwakarta sebagai unsur TNI dan Polri yang terjun langsung dalam kegiatan pengamanan di lapangan untuk kegiatan pilkades ini sehingga berjalan lancar," kata Jaya.

Terimakasih juga untuk Sekda Purwakarta dan seluruh OPD terkait yang telah membantu pelaksanaan Pilkades. "Begitupun dengan seluruh pegawai DPMD yang terlibat langsung. Harapan kami bahwa para kades yang telah dilantik mampu mengemban amanah dan bekerja dengan baik untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat desanya," demikian Jaya Pranolo. (Diskominfo Purwakarta)

 

Berikut nama-nama Kepala Desa yang dilantik oleh Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, dengan periodesasi 2023-2029:

 

\1. Muhammad Muhyi, Kades Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur.

2. Handri Surahman, Kades Cibinong, Kecamatan Jatiluhur.

3. Nono Supriatna, Kades Jatimekar Kecamatan Jatiluhur.

4. Jaya Permana, Kades Parakanlima Kecamatan Jatiluhur.

5. Bastomi, Kades Liunggunung, Kecamatan Plered.

6. Yusup, Kades Linggarsari, Kecamatan Plered.

7. Ae Saepudin, Kades Sempur, Kecamatan Plered.

8. Nurdin, Kades Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam.

9. Iwan Setiawan, Kades Gardu, Kecamatan Kiarapedes.

10. Sulaeman Purba, Kades Cicadas, Kecamatan Babakancikao.

11. Sulaeman, Kades Cikadu, Kecamatan Cibatu.

12. Engkos Koswara, Kades Cianting Kecamatan Sukatani.

13. Dede Krismayadi, Kades Cipeundeuy, Kecamatan Bojong.

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami