Penjabat Bupati Purwakarta Canangkan Program Seribu Masjid Bersih dan Sehat

  • 01 November 2023 13:23
  • Administrator
  • 74 Membaca
Penjabat Bupati Purwakarta Canangkan Program Seribu Masjid Bersih dan Sehat

Masjid menjadi tempat beribadah, berkumpul dan berinteraksi dengan sesama muslim. Menjaga kebersihan masjid merupakan hal yang positif sekaligus mempraktekan kebersihan yang merupakan sebagian dari iman.

Untuk mewujudkan masjid yang bersih dan nyaman, serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih baik di lingkungan rumah maupun masjid. Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan resmikan Program 1000 Masjid Bersih dan Sehat yang dipusatkan di Masjid Agung Baing Yusuf, Rabu 01 November 2023.

Giat dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang diikuti oleh ratusan relawan dari santri prima, DMI Pengurus PD dan Pengurus PC DMI itu dilakukan juga penyerahan ratusan sarana alat kebersihan untuk masjid-masjid pada program tersebut.

Penjabat Bupati Purwakarta Beni Irwan dalam keterangannya, mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi dan  menyambut baik kegiatan ini, hal tersebut merupakan sebagai program kerja kepengurusan DMI Purwakarta untuk kemaslahatan umat yang di awali dengan program 1000 masjid bersih dan sehat di Kabupaten Purwakarta.

"Seperti halnya rumah, sekolah, tempat bekerja, tentu saja termasuk diri sendiri. Dengan masjid yang bersih dan sehat, mudah-mudahan kita bisa berpikir lebih jernih kita bisa berpikir lebih terbuka lebih rasional tidak emosional dalam menyikapi setiap persoalan yang kita hadapi," Benni Irwan.

Menurutnya, dengan kebersihan berpikir akan bisa berpikir lebih jauh tentang mengembangkan pendidikan mengembangkan ekonomi memberdayakan masyarakat yang pada ujung-ujungnya kemaslahatan umat. pemerintah tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak, dan hari ini dukungan itu didapatkan dari DMI sebagai salah satu motor penggerak untuk memajukan umat muslim khususnya di Kabupaten Purwakarta.

"Untuk kegiatan-kegiatan yang lainnya tidak tertutup kemungkinan kita akan bahas di kesempatan-kesempatan yang lain dan setiap kegiatan yang kita lakukan kita akan evaluasi bersama-sama," ujarnya.

Benni menambahkan, hal ini hendaknya tidak hanya terkesan seremonial, tapi hendaknya bisa ikuti secara bersama-sama. Ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa di tingkatkan. Meskipun terbatas, Pemda Purwakarta telah memberikan dukungan untuk kebersihan, diharapkan kegiatan tersebut  bisa berkembang, guna meningkatkan semangat di setiap DKM. "Ke depan kita akan adakan semacam kompetisi masjid yang bersih dan sehat, pemenangnya akan diberikan reward lebih," ujarnya.

Terkait dengan program tersebut lebih lanjut Benni Irwan mengungkapkan, bukan hanya di DMI, beberapa organisasi lain atau teman-teman LSM lain pun juga sudah sempat kita bertemu teman-teman dari MUI juga dari Ansor juga dari organisasi kewanitaan juga kami pada dasarnya mensupport semua dari Pemerintah Daerah apa yang akan dilakukan oleh teman-teman dari luar jajaran pemerintah. "Karena salah satu fungsi pemerintah itu yang untuk memfasilitasi," kata Benni.

Sementara Ketua DMI Kabupaten Purwakarta, KH. Yana Suryana mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan progres kesehatan masjid, dengan memberikan fasilitas alat untuk 1000 masjid  yang dilakukan oleh relawan sebagai wujud nyata dari Sumpah Pemuda.

"DMI melakukan kegiatan ini merupakan amanat Munas, berawal dari pada kajian hasil Munas kemudian dikembangkan mulai dari Purwakarta. Kita akan terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah," demikia KH. Yana Suryana. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami