Pemkab Purwakarta Tuntaskan Gelaran Pilkades Serentak Gelombang ke-2 Tahun 2023

  • 23 Oktober 2023 09:33
  • Administrator
  • 136 Membaca
Pemkab Purwakarta Tuntaskan Gelaran Pilkades Serentak Gelombang ke-2 Tahun 2023

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah menggelar Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang kedua tahun 2023.

Secara umum, Pilkades yang tahapan pendaftarannya telah dimulai sejak 18 Agustus 2023 lalu itu, berjalan tertib dan kondusif hingga hari pencoblosan dan penghitungan suara yang dilakukan hari ini, Minggu 22 Oktober 2023. Tercatat, ada sebanyak 45 calon kades yang ikut kontestasi pada 13 desa di 8 kecamatan di wilayah tersebut.

Tampak Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan didampingi Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo dan jajaran Forkopimda Purwakarta lainnya melakukan monitoring pelaksanaan hajat demokrasi desa tersebut.

Dalam keterangannya, Benni Irwan mengatakan pelaksanaan Pilkades Serentak ini sudah terjadwal sebagai mestinya. Dimana, ada  sebanyak 13 desa, yang tersebar di delapan kecamatan yang melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa. "Saya hadir untuk menyaksikan langsung bagaimana proses pemungutan suara berlangsung di beberapa TPS," ujar Benni, saat monitoring di TPS 05 Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur.

Menurutnya, giat ini dilakukan untuk memastikan bahwa prosesnya berlangsung sebagaimana rencana yang telah di susun. "Kita berharap bisa berjalan dengan tertib, dan kita harapkan partisipatif masyarakat lebih tinggi," ujar Benni.

Benni juga mengatakan, perhelatan pesta demokrasi ini pastinya ada yang menang dan ada yang kalah. Dan untuk yang kalah diharapkan dapat menerima kekalahannya dengan lapang dada, dan untuk yang terpilih sebagai pemenang diharapakan tidak terlalu eforia dengan kemenangannya. Pasalnya, tugas sebagai kades, kedepannya sangat berat. "Apapun hasilnya, kita terima, dan kemudian setelah itu kita bersama-sama untuk membangun desa ini," kata Benni.

Sementara, Kepala DMPD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada para panitia Pilkades dan para pihak lainnya yang telah berkontribusi pada gelaran Pilkades gelombang kedua ini.

"Terimakasih kami ucapkan kepada jajaran TNI dan Polri, kawan-kawan panitia Pilkades yang sudah bekerja keras hingga terlaksananya gelaran ini dan untuk semua pihak tang telah berkontribusi pada gelaran ini, sehingga bisa berjalan lancar, aman, kondusif dan terkendali," kata Jaya. (Diskominfo Purwakarta)

 

Berikut nama-nama Kades terpilih pada Pilkades Serentak Gelombang Kedua Tahun 2023 di Kabupaten Purwakarta;

 

 Kecamatan Plered

1. Desa Sempur: Ae Saepudin.

2. Desa Linggarsari: Yusup.

3. Desa Liunggunung: Bastomi.

 

Kecamatan Babakancikao

4. Desa Cicadas: Sulaeman Purba.

 

Kecamatan Kiarapedes

5. Desa Gardu: Iwan Setiawan.

 

Kecamatan Jatiluhur

6. Desa Cibinong: Handri Sulaeman.

7. Desa Parakanlima: Jaya Permana.

8. Desa Jatimekar: Nono Supriatna.

9. Desa Mekargalih: Muhamad Muhyi.

 

Kecamatan Cibatu

10. Desa Cikadu: Sulaeman.

 

Kecamatan Bojong

11. Desa Cipeundeuy: Dede Krismayadi

 

Kecamatan Pondoksalam

12. Desa Sukajadi: Nurdin.

 

Kecamatan Sukatani

13. Desa Cianting: Engkos Koswara.

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami