Pemkab Purwakarta Kukuhkan Pembangunan Zona Integritas Pada Delapan Perangkat Daerah

  • 09 Maret 2023 12:36
  • Administrator
  • 171 Membaca
Pemkab Purwakarta Kukuhkan Pembangunan Zona Integritas Pada Delapan Perangkat Daerah

 

Pada tahun 2021 lalu, Kabupaten Purwakarta pernah menyabet Penghargaan dengan Predikat Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementarian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat.

Kini, melalui pengukuhan kembali pembangunan Zona Integritas tahun 2023 jajaran Pemerintah Daerah yang dipimpin Bupati Anne Ratna Mustika itu mengukuhkan delapan Perangkat Daerah sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"Ada 8 perangkat daerah yang kita kukuhkan kembali sebagai ZI WBK, diantaranya; Dishub, Dinas Damkar, RSUD Bayu Asih, UPTD Puskesmas Kota pada Dinkes, UPTD Metereologi pada DKUPP, BKPSDM, Disdukcapil dan BKAD," kata Sekda Purwakarta Norman Nugraha, di Pendopo Pemkab, Kamis 09 Maret 2023.

Menurutnya, pencanangan ini bagian dari komitmen bersama khususnya Perangkat Daerah terkait yang berkaitan dengan zona integritas untuk mendapatkan WBK dan WBBM.

"Hari ini kita akan mengajukan kembali kedelapan satuan kerja itu ke Kemenpan RB untuk dievaluasi. Meski tahapannya masih banyak tetapi kita yakin mudah-mudahan untuk tahun ini ada satuan kerja yang mendapatkan predikat zona integritas WBK dan WBBM," ujar Norman.

Kata dia, hal ini juga merupakan salahsatu tahapan yang berkaitan dengan penilaian Zona Integritas yang akan dilaksanakan tahun ini.

"Sebelum proses penilaian tersebut tentunya harus dibangun sebuah komitmen, antara pimpinan dengan pimpinan organisasi perangkat daerahnya, dan alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan kaitan dengan pembangunan komitmen kaitan dengan zona integritas ini," tuturnya.

Sebelumnya, jajaranya juga telah melakukan evaluasi penilaian pada setiap indikator untuk pembangunan zona tersebut.

"Setelah kita analisa kita tentukan 8 organisasi perangkat daerah yang akan diikut sertakan penilaian ZI ke Menpan RB yang ditargetkan sesuai dengan RJPMD. Pembangunan zona integrasi ini salah satu target dari Bupati Purwakarta, mudah-mudahan ada dua perangkat daerah yang bisa meraih predikat WBK," demikian Norman Nugraha.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami