Pemkab Purwakarta Fokus Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

  • 12 Mei 2023 12:54
  • Administrator
  • 122 Membaca
Pemkab Purwakarta Fokus Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

 

 

Saat ini, Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah tujuan investasi bagi para pelaku usaha yang ingin menanamkan modalnya untuk perluasan usahanya. Selain memiliki potensi pasar yang menjanjikan, untuk rantai pasok wilayah Purwakarta juga menunjang karena menjadi daerah perlintasan sejumlah kota besar.

Pemkab Purwakarta, juga terus berkomitmen dan fokus untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dengan berbagai langkah strategis antara lain dengan mengimplementasikan pelayanan perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) sehingga pelaku usaha diberi kemudahan dan kepastian dalam merealisasikan kegiatan usahanya.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Peresmian Toko ACE Hardware, di Jalan RE. Martadinata (Jalan Tengah) Kelurahan Nagri Kidul, Jumat 12 Mei 2023. Dalam agenda tersebut, tampak hadir Sekda Purwakarta Norman Nugraha dan jajaran Direksi ACE Hardware.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta sangat mengapresiasi hadirnya ACE Hardware yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk Kabupaten Purwakarta. Dimana dapat memudahkan warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan rumah tangga dan prodak gaya hidup yang tentunya dengan prodak yang berkualitas," kata Ambu Anne.

Menurutnya, ekspansi perusahaan ini merupakan investasi yang masuk di Purwakarta. Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Purwakarta stabil dan aman. Ini semua berkat kontribusi semua steakholder dan seluruh masyarakat, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat keamanan TNI-Polri, termasuk media sebagai pentahelix.

"Semoga investasi ini sapat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat, terutama dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Ambu Anne.

Kejar Target Investasi 2023

Ambu Anne juga mengungkapkan, pemerintah memberikan target capaian investasi yang harus masuk ke Kabupaten Purwakarta untuk tahun 2023 ini mencapai Rp 8,9 triliun. Target tersebut lebih besar dibanding tahun 2022 yang hanya Rp 5,88 triliun dengan capaian tahun berjalan sebesar Rp 8,78 triliun atau 149,32 persen.

Menurutnya, iklim investasi di Purwakarta terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Saat pandemi Covid-19, investasi juga terus mengalami peningkatan, khususnya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

"Sektor investasi yang masuk ke Purwakarta pada tahun 2022 meliputi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 72,52 persen dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 47,50 persen," kata Ambu Anne.

Sementara, sektor UMKM pun tak luput dari perhatian Bupati Anne, menurutnya UMKM di tahun-tahun mendatang harus tumbuh lebih dari tahun sebelumnya, mengingat UMKM sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. "UMKM merupakan tulang punggung perekonomian

masyarakat. Apabila UMKM kita kuat, perekonomian kita pun jauh lebih kuat," demikian Ambu Anne.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami