Pemkab Purwakarta Bina Minat, Bakat dan Kreativitas Pelajar

  • 27 Mei 2024 13:17
  • Administrator
  • 44 Membaca
Pemkab Purwakarta Bina Minat, Bakat dan Kreativitas Pelajar

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pendidikan setempat gelar Gala Siswa Indonesia (GSI) di GOR Purnawarman, Senin 27 Mei 2024. Kegiatan tersebut juga mencakup perihal pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa mulai jenjang SD dan SMP di tingkat Kabupaten Purwakarta.


Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Purwakarta mengatakan bahwa perlombaan bakat dan minat siswa yang diselenggarakan oleh Disdik Purwakarta adalah salah satu wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan potensi generasi muda agar menjadi individu yang berkualitas sebagaimana yang memiliki empat kecerdasan yaitu kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.


"Setiap anak memiliki bakat dan minat yang unik dan mungkin saja berbeda. Kewajiban kita mendukung dan mengembangkannya. Melalui kegiatan ini kita memberikan ruang untuk mengasah keterampilan mengembangkan kreativitas serta membangun kepercayaan diri. Saya merasa sangat bangga dan antusias dengan apa yang ditunjukkan oleh para peserta," kata Benni Irwan.


Melalui kegiatan ini ia juga berharap dapat melahirkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis dan terampil, tapi juga memiliki kreativitas yang tinggi dalam rangka mewujudkan profil pelajar yang Pancasila.


"Saya sangat berharap melalui acara ini kita akan dapat melahirkan talenta baru yang akan membawa harum nama Kabupaten Purwakarta di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Semoga upaya kita semua dapat menghasilkan generasi muda yang kreatif inovatif dan berprestasi," kata Penjabat Bupati Purwakarta.


Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat, bakat dan kreativitas siswa serta menyeleksi peserta didik yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Untuk tahun ini Disdik juga ada pendidikan kitab kuning yang dilombakan dan ini menjadi yang paling berbeda dengan kabupaten dan kota lain.


"Peserta didik SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta sudah belajar kitab kuning. Dengan adanya lomba ini untuk mengukur sejauh mana perkembangan mereka," kata Kang Ipung, begitu Kadisdik Purwakarta itu biasa disapa.


Ia berharap ke depan di Kabupaten Purwakarta akan lahir generasi emas profil pelajar Pancasila yang bisa membawa kita pada keistimewaan.


Dalam agenda itu, tampil juga defile kontingen dari tiap kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Seperti penampilan Marching Band SDN 1 Munjul Jaya dan dilanjutkan prosesi menendang bola yang dilakukan oleh Penjabat Bupati, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua Dewan Pendidikan Purwakarta, Ketua KONI Purwakarta dan Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta.


Tampak juga, Penjabat Bupati Purwakarta didampingi Kadisdik, Kadispora dan pejabat Disdik Purwakarta berkenan menemui dan berfoto bersama dengan peserta didik yang ada di tribun penonton.


Pembinaan minat dan bakat siswa dibawah naungan Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik Purwakarta, jenis kegiatan yang dilombakan diantaranya adalah; Untuk lomba jenjang SD antara lain: O2SN, OSN, FLS2N, Pentas PAI dengan jumlah peserta 1.800 peserta. Sedangkan untuk jenjang SMP antara lain: GSI, OSN, O2SN,FLS2N dan Pentas PAI dengan jumlah peserta 1.700 peserta dengan kegiatan lomba yang disebar dilakukan di beberapa lokasi. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami