Paripurna KUA PPAS 2024: APBD Purwakarta Tembus Angka 2,6 Triliun

  • 24 Oktober 2023 16:36
  • Administrator
  • 82 Membaca
Paripurna KUA PPAS 2024: APBD Purwakarta Tembus Angka 2,6 Triliun

Untuk membahas atau pengambilan keputusan mengenai rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024. DPRD dan jajaran Pemkab Purwakarta gelar paripurna dan penandatanganan nota kesepakatan, di Gedung Dewan, Ciganea, Selasa 24 Oktober 2023.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Purwakarta, Ahmad Sanusi itu dihadiri oleh sekitar 31 anggota dewan, masing-masing kepala atau perwakilan Perangkat Daerah dan Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan.

Benni Irwan dalam keterangannya mengatakan, secara teknis pembahasan rancangan KUA dan PPAS  ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pada paripurna ini disepakati rancangannya bersama DPRD. Rancangan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rencana pembangunan daerah.

"Disepakati bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp2,65 triliun," kata Benni.

Benni menyebutkan bahwa pada KUA-PPAS APBD 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memiliki 12 program prioritas. Dari 12 program tersebut, ada lima prioritas yang diutamakan dalam penggunaan dana APBD 2024.

"Jadi ada yang sifatnya wajib yaitu kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Selain itu, kami juga akan fokus pada ketahanan pangan serta peningkatan kualitas reformasi birokrasi atau peningkatan pelayanan publik," ucap Benni.

Meski demikian, lima hal yang diutamakan itu tidak bermaksud untuk menyampingkan prioritas yang sudah disepakati. "Tentu kami juga akan fokus kepada penanganan stunting lalu menekan penurunan angka kemiskinan hingga anggaran yang perlu disiapkan untuk Pilkada 2024 mendatang," ucapnya.

Benni berharap, penggunaan APBD 2024 bisa tepat sasaran dan bisa dikelola dengan baik di Pemkab Purwakarta. "Mudah-mudahan, dari usulan yang kami sampaikan tadi bahwa pemasukan sebesar Rp 2,6 Triliun itu bisa sesuai dengan pengeluaran sekitar Rp 2,6 Triliun juga. Tentu, itu tidak akan mengurangi semangat kami untuk terus meningkatkan pendapatan daerah," demikian Benni Irwan.

Di tempat yang sama, sehari sebelumnya. Badan Anggaran yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta Ahmad Sanusi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Purwakarta juga telah menggelar Rapat Badan Anggaran terkait rancangan KUA dan PPAS. Rancangan tersebut merupakan dokumen yang terkait dengan proses penyusunan APBD tahun 2024 yang dibahas antara Pemda dengan DPRD.

"Dalam rancangan KUA dan PPAS 2024 tersebut ada 12 program prioritas. Dari 12 program itu ada lima program yang menjadi super prioritas Pemkab Purwakarta, yaitu reformasi birokrasi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pangan," ujar Ketua TAPD yang juga Sekda Purwakarta, Norman Nugraha. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami