Nilai-nilai Pancasila dalam Konteks Purwakarta Istimewa

  • 01 Oktober 2023 11:26
  • Administrator
  • 122 Membaca
Nilai-nilai Pancasila dalam Konteks Purwakarta Istimewa

Dari dokumen-dokumen yang ada, diketahui bahwa konteks Purwakarta Istimewa telah menyimpan nilai-nilai yang terdapat dalam butir-butir Pancasila. Dalam dokumen tersebut juga didapati bagaimana nilai-nilai itu diterjemahkan dalam visi atau arah Kabupaten Purwakarta yang telah disiapkan oleh para pendahulu kabupaten ini. Termasuk didalamnya, bagaimana menerapkan nilai-nilai itu dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Benni Irwan disela agenda upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 tingkat Kabupaten Purwakarta di Taman Pasanggrahan Padjadjaran, Minggu 01 Oktober 2023.

"Hari ini, kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023, makna yang bisa kita ambil dari peringatan yang kita lakukan setiap tahunnya ini adalah kita harus dapat meyakini bahwa nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila itu sangatlah kuat mengakar bagi kehidupan masyarakat Indonesia secara umum," kata Benni.

Menurutnya, peringatan ini juga merupakan momen bersejarah perjalanan setelah Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, yaitu terjadinya pemberontakan tahun 1965 yang ingin menggantikan ideologi bangsa Indonesia yakni ideologi Pancasila. Selain itu terdapat juga berbagai upaya dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencoba menggoyang kekuatan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

"Namun atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan kebersamaan seluruh elemen bangsa, upaya-upaya untuk mengganti nilai-nilai luhur yang disebut dengan ideologi tadi itu hingga sekarang tidak pernah bisa tercapai. Kini dan saat mendatang adalah kewajiban kita semua untuk melestarikan nilai-nilai tersebut," kata Benni.

"Kewajiban kita semua untuk membuat nilai-nilai luhur dari Pancasila tadi itu semakin kuat mengakar semakin kuat diejawantahkan dalam kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Dan sekarang, saya mencoba membawanya ke Kabupaten Purwakarta ini," sambung Benni.

Ia juga berharap Pancasila bisa tetap menjadi pegangan semua, dan dari situlah kita bergerak bersama-sama untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

Untuk diketahui, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober telah diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Sementara, tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah, Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2023 diikuti oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat se-Kabupaten Purwakarta, Ketua TP PKK Kabupaten Purwakarta dan kecamatan, serta seluruh petugas upacara.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat memicu semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut juga dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan tanggung jawab terhadap negara, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, serta keutuhan NKRI. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami