Mitembeyan Hari Jadi, Purwakarta Bersholawat

  • 13 Juli 2023 10:50
  • Administrator
  • 135 Membaca
Mitembeyan Hari Jadi, Purwakarta Bersholawat

Mengawali rangkaian kegiatan Hari Jadi Purwakarta yang ke-192 dan Kabupaten Purwakarta ke- 55 tahun. Kamis 13 Juli 2023, jajaran Pemkab Purwakarta mengelar; Purwakarta Bersholawat sebagai Mitembeyan Hari Jadi. Pada agenda yang digelar di Taman Maya Datar itu, selain para ASN tampak hadir perwakilan seluruh lapisan masyarakat Purwakarta.

Acara sholawat akbar yang diisi dengan dzikir, doa bersama dan ziarah ke makam Syekh Baing Yusuf itu juga menghadirkan Pimpinan Majelis Ahbaburrosul Indonesia, Sayyid Seif Alwi dan Hadroh Ahbaabussalam Pimpinan Al Habib Alwi Bin Abdulloh Alhabsy.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangannya mengatakan, mitembeyan memiliki arti memulai atau ngamimitian dalam bahasa Sunda. Dalam budaya Sunda, mitembeyan adalah upacara adat yang dilakukan sebelum memulai suatu pekerjaan, misalnya sebelum menebar bibit, menanam benih, atau memanen hasil tani.

"Agar semuanya bisa menjadi berkah untuk kita dan semua masyarakat Purwakarta, sebagai awal rangkaian peringatan hari jadi Purwakarta tahun ini, mitembayen kita lakukan dengan mengelar purwakarta bersholawat yang diisi dengan dzikir, doa bersama dan ziarah ke makam Syekh Baing Yusuf. Kita buka rangkaian peringatan Hari Jadi Purwakarta ini dengan mencari ridho Allah SWT. Semoga diusia yang baru, Purwakarta senantiasa dipenuhi semangat baru untuk terus maju dan mewujudkan masyarakat yang rukun dan bersatu," ujar Ambu Anne.

Bupati Anne juga mengatakan, peringatan hari jadi ini hendaknya bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan dan menyatukan langkah semangat kebersamaan seluruh elemen masyarakat serta saling mengingatkan dan saling membantu dalam upaya untuk

membangun Kabupaten Purwakarta.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Ambu Anne juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan kabupaten tercinta ini.

"Mari kita tengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang bisa dijadikan pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi dalam menapaki masa kini, dan masa depan Purwakarta," kata Ambu Anne.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, rangkaian peringatan hari jadi ini merupakan wujud syukur nikmat yang diberikan Allah SWT kepada masyarakat dan jajaran Pemkab Purwakarta. "Mari kita renungkan kembali pembangunan yang telah kita raih bersama. Semua ini berkat kerja keras para pendahulu kita, tugas kita mewujudkan pembangunan yang telah mereka rintis sehingga Kabupaten Purwakarta menjadi daerah yang layak seperti yang kita inginkan bersama," demikian Ambu Anne.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami