Menegaskan Kontribusi pada Pertumbuhan Global dengan Semangat Gotong-royong

  • 01 Juni 2023 11:58
  • Administrator
  • 199 Membaca
Menegaskan Kontribusi pada Pertumbuhan Global dengan Semangat Gotong-royong

 

 

Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, hendaknya bisa menjadi pengingat seluruh lapisan masyarakat Purwakarta akan pentingnya gotong-royong dalam membangun peradaban yang maju dan berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan lokal yang sejalan dengan pertumbuhan global.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di Alun-alun Pasanggrahan Padjadjaran, Kamis, 01 Juni 2023.

Menurutnya, Gotong-royong mengajarkan kita untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, tanpa memandang perbedaan sosial, agama atau budaya. Dalam konteks membangun peradaban, gotong-royong memegang peranan yang sangat penting.

"Sangat tepat kiranya jika peringatan Harlah Pancasila tahun ini, mengambil tema, Gotong-royong untuk Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global," ujar Ambu Anne.

Ia juga mengatakan, peradaban yang maju dan berkelanjutan membutuhkan partisipasi aktif dari setiap individu, tidak bisa mengandalkan hanya satu pihak atau kelompok untuk mencapai tujuan. Tidak hanya dalam kerangka nasional, gotong-royong juga sangat penting dalam pembangunan global karena di zaman yang semakin terhubung ini, negara-negara saling bergantung dan saling mempengaruhi.

"Melalui kerjasama, atau gotong-royong, kita dapat mengatasi berbagai kendala dan menciptakan peradaban yang adil dan makmur. Mari bergandengan tangan, berbagi ilmu dan pengalaman," tuturnya.

Ambu Anne juga mengajak untuk seluruh elemen masyarakat, terutama para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh Ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

"Hari ini kita berkumpul disini untuk merayakan hari lahirnya Pancasila, yang menjadi tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Gotong-royong merupakan semangat yang melekat pada bangsa indonesia sejak zaman dahulu. semangat ini memupuk perasaan solidaritas dan kepedulian terhadap sesama," demikian Ambu Anne.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami