Menegaskan Komitmen Pemkab Purwakarta Dalam Pelayanan Publik

  • 26 Desember 2022 10:18
  • Administrator
  • 236 Membaca
Menegaskan Komitmen Pemkab Purwakarta Dalam Pelayanan Publik

 

Dalam rangka menjelaskan kinerja dan pencapaian pada tahun 2022 sekaligus menyongsong rencana tahun 2023. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta gelar Rapat Expose Meeting, Senin 26 Desember 2022.

Selain Kepala DPMPTSP Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro beserta jajaran, dalam agenda yang digelar di Kantor DPMPTSP di Jalan Veteran itu, tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha, memimpin rapat.

Kata Norman, Mall Pelayanan Publik (MPP) Madukara menjadi kebanggaan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dalam melayani segala kebutuhan masyarakat dan para investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Purwakarta.

"Adapun Teras MPP Madukara kini sudah hadir pada empat kecamatan, yakni Teras Campaka, Teras Wanayasa, Teras Plered, dan Teras Jatiluhur, ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Purwakarta hadir untuk terus melayani masyarakat," ujar Norman.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, Norman berharap ditahun 2023 mendatang semua target-target Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kabupaten Purwakarta dapat tercapai.

Sementara, Kepala DPMPTSP Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro mengungkapkan bahwa target investasi Kabupaten Purwakarta tahun 2022 dari Pemerintah Pusat melalui BKPM sebesar 5,88 triliun sampai dengan triwulan ke 3  tahun ini sudah mencapai 5,75 triliun atau sekitar 97,7 persen. "Insyaallah, target sampai triwulan keempat bisa tercapai dan untuk target investasi tahun 2023 akan mengalami kenaikan menjadi 6,8 triliun naik sebesar 16,67 persen," kata Hariman.

DPMPTSP Raih Penghargaan KemenPAN RB

 

Belum lama ini DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Menteri PAN RB) Abdullah Azwar Anas.

Penghargaan yang diterima DPMPTSP Kabupaten Purwakarta tersebut sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima (A) lingkup DPMPTSP Kabupaten/Kota Tahun 2022.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro mengatakan pada penilaian yang dilakukan terhadap 514 DPMPTSP Kabupaten/Kota se-Indonesia, DPMPTSP Kabupaten Purwakarta masuk dalam kategori Prima (A).

"Dari 514 DPMPTSP Kabupaten/Kota se-Indonesia, ada 89 yang masuk kategori Prima (A), salah satunya DPMPTS Kabupaten Purwakarta," kata Hariman.

Ia menjelaskan, penghargaan tersebut berhasil diraih berkat arahan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang meminta DPMPTSP Kabupaten Purwakarta untuk terus memproses agar pelayanan publik dapat mudah diakses oleh masyarakat.

"Penghargaan ini bisa diraih juga berkat kerjasama dan dukungan perangkat daerah dan instansi vertikal yang ada di Purwakarta," ujar Hariman.

Ia juga mengungkapan, setiap hari setidaknya sebanyak 450 masyarakat mengakses layanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara. "Saat ini setidaknya 36 tenant instansi daerah dan vertikal yang ada di MPP Bale Madukara dengan 563 layanan publik yang bisa diakses masyarakat," ujarnya.

Dengan banyak jumlah pengunjung di MPP Bale Madukara, DPMPTSP Kabupaten Purwakarta akhirnya melakukan inovasi dengan membentuk Teras Madukara di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Jatiluhur, Plered, Wanayasa dan Campaka. Di Teras Madukara ini, masyarakat bisa mengakses 395 layanan izin dan non perizinan.

"Di 51 desa yang tersebar di Kecamatan Jatiluhur, Plered, Wanayasa dan Campaka, kita juga telah membuat Pojok Madukara yang bisa diakses masyarakat untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)," tuturnya.

Hariman menambahkan, adanya MPP Bale Maduka, Teras Maduka dan Pojok Madukara bertujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan publik dan lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

"Akses pelayanan publik yang mudah dan mendekatkan pemerintah dengan masyarakat merupakan perwujudan visi misi Bupati Purwakarta yang tertuang dalam RPJMD tahun 2018-2023," demikian Hariman.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami