Menegaskan Kiprah dan Kontribusi Gerakan Pramuka di Purwakarta

  • 14 Agustus 2023 14:43
  • Administrator
  • 135 Membaca
Menegaskan Kiprah dan Kontribusi Gerakan Pramuka di Purwakarta

Pramuka sudah dan harus selalu hadir sebagai agen pembangunan di tengah masyarakat. Pramuka harus mampu menunjukkan jati dirinya dalam kehadirannya dengan kontribusi nyata dan positif.

Momentum peringatan HUT Pramuka ke- 62 hendaknya jadi pendorong organisasi kepanduan ini untuk terus menciptakan generasi penerus bangsa yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabimcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada agenda Peringatan Hari Ulah Tahun Pramuka ke- 62 di di Camp-X D'Bay Jatiluhur, Kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Senin 14 Agustus 2023.

"Pada peringatan milad Pramuka dengan tema; Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional ini diharapkan bisa membangun citra positif gerakan Pramuka kedepan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang proporsional dan profesional," kata Ambu Anne.

Menurutnya, sejak usai masa pandemi, kegiatan kepramukaan di Kabupaten Purwakarta sudah mulai dilaksanakan secara tatap muka. Beberapa waktu yang lalu juga telah dilaksanakan pengukuhan Pramuka Garuda bagi peserta didik mulai dari tingkatan siaga, penggalang dan penegak. Dan hari ini, sedang berlangsung gebyar pra siaga yang dimotori oleh IGTKI Purwakarta.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Ketua IGTKI Kabupaten Purwakarta ibu Hajah Leli Wibisono beserta jajarannya. Hal ini adalah untuk yang kesekian kalinya setiap tahun dilaksanakan pesta siaga, mudah-mudahan dengan terus menggelorakan gerakan Pramuka di tingkatan siaga ini akan mendorong para orang tua untuk mendukung gerakan Pramuka di semua tingkatan," ujar Ambu Anne.

Ia juga mengungkapkan bahwa jajarannya telah melaksanakan pelepasan kontingen Pramuka Penegak Penggalang untuk mengikuti Raimuna Nasional di Buper Cibubur Jakarta sebanyak 32 peserta dari sembilan perwakilan tim serta dua orang pimpinan kontingen dari DKC. "Kita sudah berikan juga penghargaan kepada orang tua atas nama Muhammad Fahri Fadilah yang telah mengikuti kegiatan Jambore Dunia di Korea Selatan yang langsung dihadiri oleh Ketua Kwarda dan Kwarnas," tuturnya.

Selain itu, pada hari ini juga, Sekda Purwakarta, Kaka Norman Nugraha memperoleh penghargaan Pancawarsa I Tahun 2023. Lencana Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Purwakarta dalam apel peringatan HUT ke- 62 Pramuka.

Di sisi lain, lanjut Anne, jajaran Kwaran juga senantiasa melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti kursus mahir lanjutan KML bagi para Pembina. "Saya titip kepada Dinas Pendidikan untuk terus mendukung bersama dengan para pembina di tiap-tiap gugus untuk mengikuti diklat, terutama dalam KML dan terima kasih kepada Mabiran, beberapa Mabiran telah melaporkan kepada saya selaku Mapicab bahwa telah dilaksanakan kegiatan-kegiatan perkemahan di tiap-tiap kecamatan," ujarnya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh seluruh siswa di kecamatan-kecamatan yang setelah beberapa tahun ini tidak  melaksanakan perkemahan. "Tentu kita melihat situasi kondisi keamanan dan kenyamanan para peserta perkemahan, dari beberapa kegiatan di atas Pemerintah Kabupaten Purwakarta senantiasa memberikan intervensinya dalam bentuk bantuan kepada gerakan Pramuka di Purwakarta yang sesuai dengan rencana kerja Pemda Purwakarta tahun 2023," demikian kata Bupati yang juga menjabat Ketua Kwarcab Purwakarta periode 2020-2025 itu.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami