Malam Takbiran dan Kemeriahan Festival Dulag di Purwakarta

  • 10 April 2024 04:35
  • Administrator
  • 68 Membaca
Malam Takbiran dan Kemeriahan Festival Dulag di Purwakarta

Sebanyak 47 peserta yang terdiri dari 30 Perangkat Daerah dan 17 Kecamatan ikut memeriahkan acara Festival dulag Idul Fitri 1445 Hijriyah yang digelar Pemerintah Kabupaten Purwakarta di Taman Pesanggrahan Pajajaran, Alun-alun Pemkab Purwakarta, Selasa malam, 09 April 2024.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, dalam keterangannya mengatakan bahwa yang utama dari penyelenggaraan festival ini merupakan acara takbiran menyambut Idul Fitri 1445 Hijriyah yang di kemas dalam bentuk kegiatan festival dulag atau bedug.

"Selain itu acara ini juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah di berikan kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Semoga kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya," kata Benni.

Ia berharap nilai-nilai dan makna hakiki dari penyelenggaraan ibadah puasa itu bisa terefleksi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena sesungguhnya keagungan itu hanya milik Dia. Sebagai  manusia tidak ada artinya, itu merupakan nilai pertama yang disampaikan pesan melalui takbiran Idul Fitri yang di kemas dengan Festival dulag.

"Di sisi lain dulag tersebut juga bagian dari tari tradisi dari budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat. Beduk yang ada di mana-mana sebagai penanda dan serta memberikan pesan mengingatkan tentang waktu-waktu melaksanakan ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah," ujarnya.

Kata Benni, festival dulag ini juga untuk mengingatkan semua bahwa ada kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT.

"Selain itu, festival dulag ini juga diharapkan dapat membangun rasa kebersamaan dan harmoni diantara kelompok-kelompok masyarakat di Purwakarta. Kita ingin masyarakat juga melaksanakan kegiatan takbiran dengan aman dan tidak berkeliling membawa beduk dengan kendaraan. Oleh karena itu, kita pusatkan di alun-alun Pemda," kata Benni Irwan.

 

Pelayanan Publik Purwakarta di Penghujung Ramadhan

Memasuki penghujung Ramadan 2024, sejumlah kegiatan untuk memastikan kenyamanan masyarakat Purwakarta dan para pemudik Lebaran. Jajaran Pemerintah Kabupaten yang dipimpin Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan terus berupaya melakukan pelayanan yang terbaik.

Mulai dari mendampingi Pejabat Negara melaksanakan pemantauan mudik lebaran hingga monitoring posko mudik 2024 di wilayah Kabupaten Purwakarta. Dalam sejumlah agenda tersebut, tampak juga Sekretaris Daerah Norman Nugraha hadir mendampingi.

Tak berhenti disitu, saat alunan takbir menggema, Benni Irwan beserta jajaran juga menggelar Festival Dulag atau Festival Beduk yang dilaksanakan di Alun-alun Pemkab Purwakarta.

Penjabat Bupati Kabupaten Purwakarta telah bekerjasama dengan TNI-Polri, serta melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024. Koordinasi tersebut mengacu pada Kebijakan dari pusat yang akan diterapkan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Momentum Idul Fitri menjadi harapan bagi semua pihak, terutama bagi masyarakat yang rindu akan kampung halaman dan keluarga. Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Purwakarta, kami mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran dan petugas di lapangan yang tanpa lelah terus mengawal masyarakat yang melakukan aktifitas baik mudik maupun berwisata," kata Benni Irwan, kepada awak media.

Benni juga mendoakan para petugas yang terlibat dalam prosesi menyambut mudik dan perayaan lebaran tahun ini. "Semoga dalam menjalankan tugas dan pengabdian yang tak kenal waktu ini selalu diberikan kesehatan dan kenyamanan, agar masyarakat yang dilayani juga merasa nyaman," ucap Benni.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami