Libatkan Ribuan Peserta Jambore KORMI Siap Digelar, Menpora Dan Gubernur Jabar Dijadwalkan Hadir

  • 14 Juni 2023 10:02
  • Administrator
  • 92 Membaca
Libatkan Ribuan Peserta Jambore KORMI Siap Digelar, Menpora Dan Gubernur Jabar Dijadwalkan Hadir

 

PURWAKARTA - Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Purwakarta 2023 siap digelar. Sebanyak 6,200 peserta dari berbagai cabang olah raga rekreasi siap memeriahkan acara yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo pada Jumat, 16 Juni 2023.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, sejumah langkah persiapan terus dimatangkan untuk menyukseskan  penyelenggaraan Jambore KORMI.

Selain Menpora Dito Ariotedjo, dijadwalkan hadir dalam Jambore KORMI yang kedua itu adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Saya telah memerintahkan semua jajaran Pemkab Purwakarta dan instansi terkait untuk bekerja keras bagi kesuksesan jambore olah raga rekreasi tersebut. Sarana atau fasilitas yang akan digunakan harus dipersiapkan secara baik," kata Bupati Anne Ratna Mustika, Rabu, 14 Juni 2023.

Secara umum, lanjut Bupati Anne, sejumlah sarana atau fasilitas olahraga yang akan digunakan sudah sangat siap dijadikan tempat pertandingan dan perlombaan.

"Untuk menghadapi Jambore KORMI ini kita telah melakukan renovasi terhadap venue olah raga yang akan  digunakan bagi ribuan peserta," kata Bupati perempuan pertama Purwakarta tersebut,

Jambore KORMI sendiri akan dilgelar pada 16 Juni 2023. Penyelenggaraan Jambore kali ini merupakan yang kedua. Jambore KORMI pertama telah sukses dilaksanakan pada Agustus 2022 lalu.

Diikuti 22 Cabang Olah Raga

Bupati Anne mengatakan, pembukaan dan pelaksanaan Jambore KORMI itu akan dipusatkan di Stadion Olah Raga Purnawarman.

Untuk menghadapi acara tersebut, Stadion Purnawarman  telah menjalani renovasi dengan biaya milyaran rupiah. Renovasi perlu dilakukan karena kondisi stadion tersebut sudah banyak mengalami kerusakan.

Kini stadion terbesar kebanggaan masyarakat Purwakarta itu tampak lebih indah dan megah serta siap menggelar jambore yang akan mempertandingkan 22 cabang olah raga rekreasi.

"Kita juga telah mempersiapkan venue olah raga lainnya sehingga semua cabang olah raga bisa digelar selama Jambore KORMI berlangsung," kata Bupati Anne Ratna Mustika.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta Iyus Permana mengatakan, sejumlah induk cabang olah raga (INORGA) telah menyatakan siap berpartisipasi dalam Jambore KORMI.

"Dari total 30 INORGA yang terdaftar di KORMI Purwakarta, sebanyak 22 INORGA telah menyatakan siap tampil dalam Jambore KORMI kali ini. Kita akan terus mematangkan berbagai persiapan agar semua cabang olah raga rekreasi bisa tampil dengan baik," kata Iyus.

Iyus mengatakan, 22 INORGA yang telah menyatakan siap tampil itu adalah cabang olah raga diantaraya senam tera, senam kreasi, panahan tradisional, layangan, ketapel, skateboard, gulat tangan, panco, takewondo, karate, kempo, pencak silat, air softgun, sepeda BMX, dan panjat gunung.

Menurut Iyus, jumlah peserta Jambore KORMI Kedua ini akan diikuti sebanyak 6,200 peserta yang terdiri dari para atlit, pelatih, manajer dan para pengurus INORGA.

Iyus menghimbau agar masyarakat Purwakarta ikut serta menyukseskan jambore  ini. Menurutnya semua cabang olah raga yang dipertandingkan atau diperlombakan, dapat ditonton secara gratis.

"Untuk menonton semua pertandingan dan perlombaan tidak dipungut biaya alias gratis. Masyarakat bisa mengambil tiketnya di Studio Radio Pro 98,10 FM Purwakarta. Sekali lagi tidak dipungut biaya," kata Iyus.

Hingga saat ini, lanjut Iyus, pihaknya telah mencetak tiket pertandingan sebanyak 5,000 tiket. "Namun, jika memang permintaan bertambah, kita bisa menambah tiket lebih banyak lagi. Mari kita sukeskan Jambore KORMI Purwakarta," kata Iyus Permana.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami