Komitmen Turunkan Angka Stunting, Bupati Purwakarta Kolaborasikan Program Bangga Kencana

  • 20 Juni 2023 13:03
  • Administrator
  • 91 Membaca
Komitmen Turunkan Angka Stunting, Bupati Purwakarta Kolaborasikan Program Bangga Kencana

Dengan mengusung tema Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Pencapaian Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting dalam Mendukung Purwakarta Istimewa jajaran Pemkab Purwakarta menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bangga Kencana Kabupaten Purwakarta Tahun 2023, di Bale Sawala Yudhistira, Selasa 20 Juni 2023.

"Rakerda ini juga merupakan salahsatu upaya Pemkab Purwakarta untuk menegaskan komitmen penurunan angka stunting di wilayah Purwakarta. Dimana Pemda Purwakarta akan terus berperan dalam membangun ketahanan keluarga Indonesia secara utuh, serta terus mengedukasi dan memandu masyarakat untuk memahami pentingnya kependudukan dan keluarga berencana beserta seluruh aspeknya," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Pada Rakerda tersebut, Ambu Anne juga berpesan agar beberapa target indikator kinerja utama di Kabupaten Purwakarta harus tercapai pada tahun 2023 sesuai RPJMD 2018-2023, diantaranya mencakup penurunan angka kelahiran total (tfr) menjadi 2,23, Meningkatnya angka prevalensi kontrasepsi modern (CPp) yaitu 79,7 persen.

Ia juga menyoroti penurunan kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (unmet need) di angka 15,5 persen, menurunnya angka kelahiran remaja (asfr) usia 15-19 tahun dengan target 25/1000 wanita usia subur, meningkatnya median usia kawin pertama perempuan (UKP) di angka 21 tahun dan laki-laki diangka 25 tahun, dan upaya percepatan penurunan stunting dengan target 14.02 persen pada tahun 2024.

 

Dalam agenda tersebut juga diberikan Penghargaan Bangga Kencana kepada Kecamatan maupun perorangan yang telah memberikan dedikasinya dalam Program Bangga Kencana di Kabupaten Purwakarta, diantaranya yaitu dengan Capaian Peserta KB Baru tertinggi diraih oleh Kecamatan Campaka, Peserta KB Baru MKJP terbanyak diraih oleh Kecamatan Plered, Peserta KB Baru MOP terbanyak diraih oleh Kecamatan Purwakarta, PLKB Non ASN terbaik diraih oleh Iis Rohimah dari Kecamatan Plered, dan Pos KB terbaik diraih oleh Ela Nurlaela dari Kecamatan Plered.

Diumumkan juga perihal Juara Perlombaan se-Kecamatan Kabupaten Purwakarta yang diselenggarakan oleh DPPKB diantaranya Lomba LCC yang diraih oleh Kecamatan Babakan Cikao, Lomba KIE Kreatif diraih oleh Kecamatan Purwakarta, Lomba StandUp Komedi diraih oleh Kecamatan Tegalwaru, dan Lomba Paduan Suara diraih oleh Kecamatan Bungursari.

"Diharapkan dengan terselenggaranya Rakerda ini sinergitas dan kolaborasi Pemerintah Daerah dengan berbagai pihak dapat lebih dioptimalkan lagi, guna mendukung capaian program-program yang telah ditetapkan di kabupaten purwakarta," lanjut Ambu Anne.

Dalam agenda tersebut, tampak hadir Sekretaris BKKBN Provinsi Jawa Barat, Unsur Forkopimda, Kepala BPS/yang mewakili, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, Ketua Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Purwakarta.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami