Komitmen Dukung Ketahanan Pangan dan Gizi, Bupati Purwakarta Tebar Ribuan Benih Ikan Nila

  • 06 Juni 2023 11:24
  • Administrator
  • 94 Membaca
Komitmen Dukung Ketahanan Pangan dan Gizi, Bupati Purwakarta Tebar Ribuan Benih Ikan Nila

 

Selain bermanfaat secara ekonomis dan ketahanan pangan hewani, ikan nila juga bisa menjadi sumber gizi yang baik bagi masyarakat. Tingginya kandungan omega dari ikan nila, bisa membantu mencegah stunting yang kini menjadi perhatian pemerintah.

Untuk mendukung hal tersebut, salahsatu upaya yang dilakukan jajaran Pemkab Purwakarta adalah dengan membudidayakan ikan nila di tempat-tempat pusat penampungan air seperti embung atau situ. Salahsatunya di Situ Kampung Mekarsari, Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta Kota.

Hari ini, Selasa 06 Juni 2023, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Diskannak Purwakarta serta Pemdes dan masyarakat Desa Citalang melakukan tebar benih ikan nila di kawasan Situ Mekarsari. Tak kurang dari 100.000 benih ikan ditebar sebagai upaya restocking.

"Kegiatan ini merupakan awal dari restocking yang dimulai dari Desa Citalang yang kebetulan ada embung air atau situ, sehingga beberapa beberapa bulan kedepan ikan-ikan tersebut akan menjadi pengadaan gizi dan protein hewani untuk masyarakat sekitarnya juga sebagai ketahanan gizi masyarakat," kata Ambu Anne.

Menurutnya, embung air atau situ tersebut selama ini sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar oleh warga setempat.

"Setelah ini, nantinya masyarakat dapat memanfaat kan dengan cara dipancing dan sebagainya, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan gizi hewaninya," kata Ambu Anne.

Ia juga mengungkapkan, selain di Desa Citalang kedepan, restocking benih ikan akan dilaksanakan di 17 kecamatan yang terdapat embung air atau situ.

"Program ketahanan pangan bersama dinas perikanan dan peternakan, hal ini akan dilakukan situ-situ milik pemerintah seperti Situ Buleud, Situ Wanayasa dan Situ Cijunti. Nantinya akan  menjadi pusat ketahanan pangan," demikian Ambu Anne.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami