Kolaborasi Membangun Negeri, Penjabat Bupati dan Dandim Purwakarta Buka BSMSS 2024

  • 03 Mei 2024 15:54
  • Administrator
  • 78 Membaca
Kolaborasi Membangun Negeri, Penjabat Bupati dan Dandim Purwakarta Buka BSMSS 2024

Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, sejak lama telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur dalam setiap program kerja tahunannya, terutama yang menyangkut dengan kebutuhan infrastruktur yang laik bagi masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta tak bekerja sendiri. Ada sebagian, yang juga hasil kolaborasi dengan institusi keamanan negara yakni dengan prajurit TNI, baik melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) maupun melalui program Karya Bakti TNI, seperti Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS).

Hari ini, Jumat 03 Mei 2024, bertempat di Desa Cisaat, Pemkab Purwakarta dan jajaran Kodim 0619 Purwakarta, kembali melakukan kolaborasi membangun negeri melalui kegiataan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) dengan membangun sejumlah infrastruktur di wilayah desa yang berada di Kecamatan Campaka itu.

Dalam pembukaan program tersebut, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengungkapkan apresiasinya kepada jajaran Kodim 0619 Purwakarta. "Secara khusus kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta sangat senang sekaligus merasa bangga dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan BSMSS Kodim 0619 Purwakarta ini," kata Benni Irwan.

Menurutnya, melalui kegiatan BSMSS ini akan kembali menciptakan semangat bergotong- royong, silaturahmi, membangun semangat kekeluargaan sesuai dengan pepatah mengatakan berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. "Semangat inilah yang hadir sesungguhnya dalam pelaksanaan BSMSS, yakni kegotong-royongan antara pemerintah daerah dibantu oleh TNI, masyarakat setempat, dan pihak pihak terkait lainnya," ujar Benni.

Ia berharap pola-pola kerjasama seperti ini akan terus berlanjut, tidak hanya untuk kegiatan yang sifatnya infrastruktur saja, tapi untuk bidang-bidang pembangunan lainnya, seperti bersama-sama untuk mengurangi angka kemiskinan, menekan angka stunting, mengurangi angka pengangguran terbuka.

Pemerintah, kata Benni, tidak bisa jalan sendiri harus bersama-sama dengan elemen-elemen pembangunan yang lain. "Saya berharap ini bisa tetap dijaga semangat kebersamaan, persatuan dan kekeluargaan ini dijaga. Pola-pola seperti ini bisa kita laksanakan juga nanti di wilayah-wilayah yang lain, kita akan kembali petakan berbagai kebutuhan masyarakat di daerah yang lain dan kita laksanakan dengan pola-pola seperti ini," jelas Benni.

Kegiatan BSMSS  diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terutama masyarakat desa Cisaat dan masyarakat desa lainnya yang menggunakan atau bisa memanfaatkan fasilitasi-fasilitas yang sudah disiapkan.

Diharapkan juga partisipasi masyarakat untuk bisa menjaga sarana yang sudah disiapkan memelihara secara bersama-sama. "Jadi itu harapan kita, manfaatkan bersama-sama, jaga bersama-sama pelihara bersama-sama syukur-syukur bisa kita kembangkan untuk yang lain-lainnya sehingga tidak hanya satu manfaatnya akan timbul manfaat-manfaat yang lain dengan sarana yang dapat sekarang ini," ucapnya.

Sementara itu Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan BSMSS merupakan program yang dianggarkan oleh Pemkab Purwakarta. Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan teritorial yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan negara kita itu masih menggunakan ataupun masih mengacu ke sistem pertahanan rakyat semesta. Ketika perang terjadi bukan hanya tentaranya yang berperang tetapi warganya juga ikut maka saat ini Menteri Pertahanan membuat program Komcad sebagai alat cadangan pertahanan negara," kata Andi.

Andi juga menjelaskan, tujuan BSMSS ini dilaksanakan untuk kemanunggalan TNI dan rakyat. Hal itu bisa dilihat bagaimana kerjasama antara TNI dengan masyarakat. Dalam BSMSS ini pekerjaan yang dilaksanakan diantaranya penebalan jalan sepanjang 520 meter dengan tebal 20 meter, pembangunan drainase sepanjang 435 meter dan gorong-gorong ukuran 40x40 meter.

"Diharap setelah pekerjaan ini selesai mampu meningkatkan citra positif untuk TNI serta Pemda dan juga meningkatnya rasa nasionalisme yang dimiliki oleh masyarakat Purwakarta," demikian Dandim Purwakarta. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami