Kabupaten Purwakarta Juara Tiga Besar Nasional Peraih Akseptor KB Terbanyak

  • 09 Juli 2023 09:44
  • Administrator
  • 144 Membaca
Kabupaten Purwakarta Juara Tiga Besar Nasional Peraih Akseptor KB Terbanyak

 

PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta berhasil meraih prestasi tiga besar tingkat nasional dalam pencapaian jumlah akseptor keluarga berencana (KB).

Pencapaian prestasi itu diraih Kabupaten Purwakarta dalam Kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Ke-30 yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 14 Juni 2023 lalu

Dalam kegiatan tersebut, Kabupaten Purwakarta ditetapkan sebagai juara tiga nasonal kategori Kabupaten/Kota Kelompok Target Lebih dari 2,000 Akseptor.

Peringkat tersebut diraih Kabupaten Purwakarta lantaran dinilai berhasil menjaring jumlah akseptor KB yang sangat besar mencapai 15.251 akseptor KB,

Angka pencapaian Kabupaten Purwakarta itu sangat jauh melampaui dari angka target yang ditetapkan secara nasional yakni 4.817 akseptor KB atau mencapai 316,6 persen dari angka yang ditargetkan.

Pengumuman pemenang  itu disampaikan BKKBN Pusat melalui surat bertanggal 3 Juli 2023, yang ditandatangani Deputi Bina Akses Pelayanan BKKBN, H. Zamhir Setiawan.

Untuk kategori tersebut, peringkat pertama diraih Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, sementara peringkat kedua diraih Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyambut baik raihan prestasi yang sangat membanggakan tersebut.

Menurut orang nomor satu di Purwakarta itu, prestasi itu merupakan bukti jika pemerintah pusat mengakui keberhasilan Kabupaten Purwakarta dalam menyukseskan program KB nasional.

"Penghargaan dari pemerintah pusat itu harus menjadi cambuk bagi kita semua untuk terus berkerja keras menyukseskan program KB nasional," kata Bupati Anne Ratna Mustika, Minggu, 9 Juli 2023.

Prestasi Makin Lengkap

Keberhasilan masuk tiga besar nasional itu semakin melengkapi prestasi yang diraih Kabupaten Purwakarta dalam rangkaian kegiatan yang sama.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabupaten Purwakarta berhasil menyabet peringkat tertinggi nasional dalam kategori Capaian Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Pasca Persalinan.

Prestasi itu diraih dalam kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) memperingati Hari Keluarga Nasional Ke-30 yang diselenggarakan BKKBN.

Juara kedua diraih Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan juara ketiga  diraih Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Kabupaten Purwakarta ditetapkan sebagai juara pertama setelah berhasil melampaui angka target yang ditetapkan dalam capaian pelayanan KB pasca persalinan.

Untuk kategori itu jumlah pelayanan KB pasca persalinan Purwakarta berhasll mencapai 3.236 peserta KB. Angka itu sangat jauh melampaui dari target yang ditetapkan yakni 241 peserta KB atau mencapai 1.324,7 persen. dari angka yang ditargetkan.

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan, pencapaian prestasi yang sangat membanggakan itu bisa diraih berkat kerja keras jajaran Pemkab Purwakarta bersama instansi pemerintah yang lain, termasuk dukungan luar biasa  TNI-Polri, dalam menyukseskan program KB Nasional.

Prestasi Purwakarta dalam program KB Nasional itu menambah prestasi yang sudah diraih sebelumnya, yakni Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Daerah Yang Mendukung Program KB Metode Operasi Pria (MOP) pada 14 Februari 2023 lalu(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami