Jumlah Peluang Kerja Purwakarta Job Fair 2023 Terus Meningkat Tajam, Capai 3.715 Lowongan Kerja

  • 22 Mei 2023 11:54
  • Administrator
  • 198 Membaca
Jumlah Peluang Kerja Purwakarta Job Fair 2023 Terus Meningkat Tajam, Capai 3.715 Lowongan Kerja

 

PURWAKARTA - Jumlah peluang lowongan pekerjaan yang akan ditawarkan pada Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023. terus meningkat tajam.

Jika dalam pekan sebelumnya jumlah lowongan pekerjaan yang tercatat 2.112 lowongan, memasuki pekan ini jumlahnya melonjak sangat tajam mencapai 3.715 lowongan pekerjaan.

Peningkatan tajam itu tidak terlepas dari kerja keras jajaran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta yang terus melakukan koordinasi intensif dengan banyak perusahaan yang akan berpartisipasi dalam Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023.

"Saya mengapresiasi kerja keras jajaran Disnakertrans Purwakarta yang terus melakukan berbagai langkah untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Itu dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah slot lowongan pekerjaan. Kerja keras itu membuktikan jajaran Diisnakertrans bersungguh-sungguh untuk bisa membuka sebanyak mungkin lapangan pekerjaan bagi warga Purwakarta," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin, 22 Mei 2023.

Dari 3.715 jumlah lowongan pekerjaan yang akan ditawarkan melalui Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023. itu meliputi lowongan pekerjaan di dalam negeri sebanyak 1.135 lowongan, dan penempatan kerja di luar negeri sebanyak 2.580 lowongan pekerjaan.

Lowongan kerja ke luar negeri meliputi sejumlah negara di Eropa, yakni Slovakia, Rumania dan Hungaria. Tujuan kerja lainnya adalah sejumlah negara raksasa ekonomi di Asia, yakni Jepang, Taiwan dan Hongkong. Sedangkan satu tujuan lainnya adalah negara ekonomi maju di Timur Tengah, yakni Arab Saudi.

"Jumlah kenaikan lowongan itu sangat besar, lebih dari 75 persen dibandingkan jumlah lowongan yang tercatat dalam pekan sebelumnya. Ini peluang besar yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya para pencari kerja di Purwakarta. Saya harap mereka bisa datang  ke acara job fair tersebut," kata Bupati Anne.

Seperti diberitakan sebelumnya, langkah kreatif kembali digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta untuk terus membangun dan menyejahterakan masyarakatnya. Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta akan digelar mulai besok, Selasa, 23 Mei hingga 25 Mei 2023 mendatang.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan kegiatan itu digelar dengan tujuan untuk mengkonsolidasikan kesempatan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan agar terinformasikan dengan baik kepada masyarakat khususnya para pencari kerja.

"Kita bantu mengkonsolidasikan kesempatan kerja baik untuk penempatan kerja di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan ini nantinya membuka ribuan peluang kerja. Puluhan perusahaan telah menyatakan siap terlibat dalam kegiatan tersebut. Saya himbau agar masyarakat pencari kerja di Purwakarta bisa memanfaatkan dengan baik kegiatan tersebut," kata Bupati Anne.

Orang nomor satu di Purwakarta itu menginstruksikan jajaran Disnakertrans Purwakarta untuk terus mematangkan kegiatan tersebut, sehingga bisa berlangsung sukses dan memberi manfaat besar bagi masyarakat Purwakarta.

"Saya ingin kegiatan itu benar-benar membawa manfaat yang besar bagi masyarakat. Peluang ini harus tersosialisasikam dengan baik," kata Bupati Anne.

Puluhan Perusahaan Berpartisipasi

Sementarta itu, Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi menjelaskan puluhan perusahaan berbagai sektor jasa dan industri barang telah menyatakan akan berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023. 

"Sedikitnya sudah 30 perusahaan menyatakan akan berpartipasi Perusahaan-perusahaan itu akan membuka lowongan kerja dalam jumlah yang besar. Semoga masyarakat Purwakarta bisa memanfaatan peluang ini dengan baik," kata Didi.

Perusahaan itu bergerak diberbagai sektor jasa dan industri diantaranya perbankan, industri otomotif, garmen (industri pakaian jadi), tekstil, elektronik hingga industri makanan.

Didi mengatakan, kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023 sangat penting dilaksanakan karena bisa membantu dalam mempertemukan secara langsung antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja.

Selain itu, lanjut Didi, kegiataan itu juga sangat membantu dalam mengedukasi para pencari kerja tentang prosedur resmi bekerja ke luar negeri.

"Sehingga nantinya para pekerja bisa mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang bekerja di negera asing tanpa mengalami kendala. Kita ingin mengedukasi mereka melalui kegiatan semacam ini," kata Didi.

Tujuan strategis lainnya menurut Didi adalah sebagai upaya menekan angka pengangguran di Purwakarta. "Menindaklanjuti arahan Ibu Bupati, kegiatan ini mampu menekan angka pengangguran sekaligus memperbaiki kesejahteraan masyarakat," kata Didi.

Angka tingkat pengangguran di Purwakarta sendiri terus mengalami penurunan yang siginifikan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran tahun 2022 berada pada angka 8,75 persen. Angka itu turun sangat signifikan dibandingkan tingkat pengangguran tahun sebelumnya yang mencapai 10,70 persen.

"Melalui kegiatan semacam ini, kita ingin terus menekan angka pengangguran di Purwakarta. Dengan semakin banyaknya warga Purwakarta memperoleh pekerjaan, maka tingkat pengangguran akan terus bisa ditekan," kata Didi.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, pada 23-25 Mei  tersebut diiharapkan mampu menjaring pengunjung minimal sebanyak 4,800 orang. "Kita targetkan setap harinya minimal ada 1.600 pengunjung. Kita akan terus sosialisasikan agar target itu bisa terpenuhii," kata Didi.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi dan mengajukan lamaran kerja melalui Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023, Disnakertrans telah menyiapkan jalur pendaftaran secara online dengan alamat https://bit.ly/JobFairPWK.

"Kita akan bantu mempermudah semua prosesnya. Bagi yang berminat silahkan isi data diri dan daftarkan melalui alamat online tersebut. Lalu ikuti petunjuknya. Semua informasi lengkap ada disana dan mudah diaksesnya," ujar Didi.

Didi mengatakan, tidak ada pungutan biaya satu rupiah pun selama mengurus proses lamaran kerja. Semua proses pendaftaran dan lamaran dilakukan secara online, maka semua berkas lamaran disiapkan dalam bentuk file PDF (softcopy)

"Bagi pelamar kerja, siapkan persyaratan dan kelengkapan lamaran melalui softcopy (PDF). Para pelamar kerja tidak perlu membawa hardcopy saat datang ke lokasi Job Fair, karena semuanya melalui online, dan tidak ada pungutan biaya apa pun," kata Didi Garnadi.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami