Jaring Ratusan Ribu Wisatawan Lebaran, Purwakarta Siapkan 67 Destinasi Wisata Unggulan

  • 22 Maret 2024 09:44
  • Administrator
  • 48 Membaca
Jaring Ratusan Ribu Wisatawan Lebaran, Purwakarta Siapkan 67 Destinasi Wisata Unggulan

PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyiapkan puluhan destinasi wisata unggulan untuk menjaring ratusan ribu wisatawan lebaran tahun 2024 ini. 

Posisi Purwakarta yang sangat strategis diperlintasan utama DKI Jakarta - Jawa Barat menuju Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemudik yang melintasi daerah penghasil utama Buah Manggis terbaik di Indonesia tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono mengatakan, Pemkab Purwakarta akan mengoptimalkan semua potensi pariwisata Purwakarta untuk jadi tujuan para pemudik berwisata lebaran. 

"Itu sekaligus untuk menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta yang meminta semua potensi yang bisa menghasilkan pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah dioptimalkan keberadaannya, termasuk sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono, Jumat, 22 Maret 2024.

Menurut Rudi, demikian besarnya jumlah pemudik lebaran tahun ini harus dijadikan peluang menggerakan perekonomian masyarakat maupun roda perekonomian daerah.

Data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), diprediksi akan ada pergerakan mudik secara nasional sebanyak 71,7 persen jumlah penduduk Indonesia, atau mencapai 193,6 juta jiwa. 

Dari jumlah itu, 61,6 juta pemudik tujuan Jawa Tengah, 37 juta pemudik tujuan Jawa Timur, dan 32 juta pemudik tujuan berbagai daerah di Jawa Barat. Sisanya tersebar ke berbagai tujuan mudik ke daerah-daerah lain.

Rudi mengatakan, jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Barat tahun ini jauh lebih besar dibandingkan lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 18 juta pemudik.

"Jumlah pemudik yang demikian besar itu merupakan pasar besar bagi sektor pariwisata. Kita telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memanfaatkan peluang itu," kata Rudi.

 

Jaring Ratusan Ribu Wisawatan

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta Mohamad Ramdhan mengatakan, pihaknya terus berbenah dan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menjaring para pemudik lebaran yang akan berwisata ke Purwakarta.

Sebanyak 67 destinasi wisata diseluruh Purwakarta telah disiapkan secara matang untuk memikat para pemudik untuk berkunjung. Dari jumlah itu, 30 diantaranya merupakan destinasi wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi dan wisata edukasi.

"Purwakarta punya destinasi yang beragam. Semuanya indah dan menarik untuk dikunjungi. Kita terus memperindah dan melengkapi destinasi wisata agar pengunjung wisata lebaran merasa nyaman dan betah saat datang ke Purwakarta," kata Ramdhan.

Ramdhan menjelaskan, pihaknya menargetkan minimal 150 ribu pengunjung wisata lebaran. Jumlah itu melengkapi target jumlah pengunjung wisata untuk tahun 2024 yang diproyeksikan bisa menggaet 2 juta wisatawan. 

Target itu lebih besar dibandingkan jumlah wisatawan yang datang ke Purwakarta tahun 2023 yang mencapai 1.701.284 wisatawan. "Dengan persiapan yang matang, kita optimis target itu bisa terpenuhi. Kita terus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan TNI-Polri, untuk mencapai target itu," kata Ramdhan.

 

Destinasi Wisata Utama

Ramdhan mengatakan, sejumlah destinasi wisata utama yang sering menjadi langganan kunjungan para wisatawan lebaran, diantaranya adalah destinasi wisata religi yakni Masjid Agung dan Komplek Makam Syaikh Nawawi Al Bantani atau dikenal dengan Baing Yusuf.

Selain dikunjungi para wisatawan, destinasi itu kerap dikunjungi tokoh nasional sekaligus tokoh agama yang juga Wakil Presiden RI, Prof. DR. K.H Ma'ruf Amin.

"Setiap melakukan kunjungannya ke Purwakarta, beliau (K.H Ma'ruf Amin) selalu menyempatkan berkunjung ke Masjid Agung dan Komplek Makam Syaikh Nawawi Al Bantani," kata Ramdhan.

Sementara destinasi wisata utama lainnya yang menjadi langganan para wisatawan lebaran adalah wisata kuliner Sate Maranggi. "Sate khas Purwakarta yang keterkenalannya hingga ke manca negara itu masih jadi langganan utama para wisatawan." ujar Ramdhan.

Selain kedua destinasi wisata utama itu, lanjut Ramdhan, pihaknya juga terus mengembangkan destinasi wisata lainnya sehingga menjadi wisata unggulan para wisatawan.

"Kita kembangkan banyak destinasi, mulai dari yang berbasis wisata budaya, wisata alam, maupun wisata kuliner. Destinasi wisata Purwakarta yang lain juga harus dikenal, tidak hanya Sate Maranggi saja," kata Mohamad Ramdhan.****** (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami