Isra Miraj dan Aspek Keseimbangan Hidup

  • 04 Februari 2023 17:05
  • Administrator
  • 734 Membaca
Isra Miraj dan Aspek Keseimbangan Hidup

 

 

Momentum peringatan Isra Miraj hendaknya disadari dan dipahami untuk mewujudkan pemahaman atas keseimbangan hidup kedalam setiap aspek kehidupan. Agar habluminallah, habuminannas, dan hablum minal alam dapat terlaksana sesuai porsinya masing-masing.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Bupati Purwakarta Ambu Anna pada Haul Ummi Hajjah Rohayati dan Peringatan Isra Miraj tahun 1444 hijriah di Pondok Pesantren Al Asyariyah, Desa Wanasari Kecamatan Wanayasa, Sabtu 04 Februari 2023.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Ambu Anne menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan IsraMiraj ini.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Peringatan Haul dan Isra Miraj ini juga menjadi wahana untuk berdoa agar kita semua selalu diberi bimbingan dan senantiasa memberikan manfaat dan maslahat kehidupan di masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, rajaban dan acara haul ini merupakan wujud penghormatan kepada Almarhumah Ummi Hajjah Rohayati sebagai salah satu pendiri dari Pondok Pesantren Al Asyariyah atas jasa-jasanya dalam mengembangkan pendidikan  para santri di pondok pesantren ini.

"Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, kita dapat selalu mengenang jasa para syuhada sekaligus menggali semangatnya untuk di aplikasikan kedalam kehidupan kita, dan semoga Allah SWT selalu meridhoi, melindungi serta memudahkan usaha kita untuk membangun Purwakarta ke arah yang lebih baik dan maslahat," kata Ambu Anne.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia Isra Miraj adalah dua perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Peristiwa ini merupakan peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada saat yang sama Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Isra Miraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Miraj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 Masehi.

Kata Isra menjelaskan mengenai perjalanan Rasulullah SAW menembus ruang hingga bisa menempuh jarak Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsa di Palestina dalam waktu singkat. Sementara itu, Miraj adalah peristiwa perjalanan dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami