Genjot Program Mantap Jalan, Pemkab Purwakarta Libatkan Karya Bhakti TNI

  • 29 Agustus 2023 14:47
  • Administrator
  • 94 Membaca
Genjot Program Mantap Jalan, Pemkab Purwakarta Libatkan Karya Bhakti TNI

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Ryan Oktavia menegaskan bahwa untuk pembangunan infrastruktur khususnya jalan terus diupayakan secara maksimal. Target 100 persen mantap jalan kabupaten juga menjadi prioritas kerja jajarannya.

Kata Ryan, upaya tersebut juga melibatkan sejumlah pihak agar program mantap jalan bisa terealisasi dengan baik. Salahsatunya dengan melibatkan jajaran TNI melalui program Karya Bhakti. Saat ini program mantap jalan untuk seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta atau jalan berstatus jalan kabupaten, progresnya sudah mencapai 84,99 persen.

"Bahkan, jalan-jalan hingga ke pelosok desa kita lakukan pembenahan jalan. Karena, itu memang menjadi prioritas pemerintah selama ini. Terbaru, yang pekerjaannya sudah selesai yaitu; Peningkatan Jalan Cikubang - Kiarapedes (Margaluyu) sepanjang 2.050 meter dengan lebar 3,5 meter dengan melibatkan TNI melalui program Karya Bhakti," ujar Ryan kepada awak media, Selasa 29 Agustus 2023.

Ryan juga mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh jajaran TNI. Menurutnya, salah satu faktor yang menjadikan pesatnya pembangunan infrastruktur ini karena adanya kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dan unsur TNI, melalui program Karya Bhakti TNI. Tahun ini, ada sekitar enam titik ruas jalan yang juga melibatkan program Karya Bhakti TNI.

"Cepatnya pembangunan infrastruktur di kita, itu salah satu faktornya karena adanya keterlibatan unsur TNI. Dari catatan yang ada, di wilayah kami sejak 2015 lalu peran TNI cukup besar dalam pembangunan infrastruktur. Untuk tahun ini, peran TNI juga kembali dilibatkan dalam peningkatan jalan di Cikubang, Kecamatan Kiarapedes," kata Ryan.

Di sisi lain, Ryan juga mengungkapkan, ada sepanjang 729 kilometer jalan yang berstatus jalan kabupaten. Kini, statusnya sekitar 85 persen berkondisi jalan mantap dan 15 persen dalam kondisi rusak yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Yang rusak itu, akan akan diperbaiki secara bertahap. Terdapat jalan dengan kondisi rusak ringan sekitar 36,7 kilometer dan rusak berat sekitar 73 kilometer, sementara panjang jalan mantap sekitar 631 kilometer. "Jalan akan ada peningkatan sekitar 14.7 kilometer. Sedangkan perbaiki sekitar 16.35 kilometer," ujarnya.

Sementara, jalan yang berstatus milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat terdapat 59 kilometer, jalan nasional atau di bawah pemerintah pusat diperkirakan sepanjang 42,9 kilometer. "Harus kita ketahui bersama bahwa tidak semua ruas jalan di Purwakarta itu perbaikannya dapat dilakukan pemda, tergantung status jalan itu sendiri," ujar Ryan.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat bersabar terhadap perbaikan yang akan dilaksanakan tahun ini atau bertahap pada tahun sebelumnya. "Kalau anggarannya sudah ada segera kita realisasikan perbaikan," kata dia.

Menurutnya, untuk ruas-ruas jalan nasional dan provinsi sudah dikoordinasikan dengan para pihak terkait. "Alhamdulillah, untuk empat ruas jalan provinsi sudah ada kegiatan pemeliharaan jalan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jabar. Sekarang kita juga tengah fokus pada penanganan bencana dan tanggap darurat pada ruas-ruas jalan kabupaten yang terkena longsoran dan genangan air," demikian Ryan.

Terpisah, terkait peningkatan jalan di wilayah Cikubang, seorang warga setempat, Ikbal Safana mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias dan berterimakasih atas program yang dilaksanakan oleh Pemda Purwakarta dan jajaran TNI. "Sebelum sudah hampir sepuluh tahun terakhir tidak ada perbaikan, Alhamdulilah sekarang jalan Cikubang - Margaluyu bisa diperbaiki," kata Ikbal.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami