Forkopimda Purwakarta Salurkan Zakat Melalui Baznas

  • 03 April 2024 14:27
  • Administrator
  • 29 Membaca
Forkopimda Purwakarta Salurkan Zakat Melalui Baznas

Purwakarta - Jajaran Pemkab Purwakarta bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat terus berkomitmen berupaya mengoptimalkan penerimaan, pengumpulan dan pembayaran zakat yang berasal dari unsur Forkopimda Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, Direksi BUMD hingga para Camat.

Secara simbolis, penyaluran zakat melalui Baznas Kabupaten Purwakarta itu dilakukan di Bale Paseban, Pendopo Pemkab Purwakarta, Rabu 03 April 2024.

Pada sambutan agenda Pembayaran Zakat Fitrah, Zakat Mall, Infak dan Sedekah melalui Layanan Pembayaran Zakat Baznas Kabupaten Purwakarta itu, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengingatkan kembali soal kewajiban berzakat bagi setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

"Salah satu rukun Islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri adalah berzakat. Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam hal ini Sebagaimana telah ditetapkan dalam Al-Quran," kata Benni Irwan.

Menurutnya, zakat tidak hanya berdimensi ibadah saja tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi. Dengan zakat diharapkan mampu mengatasi problem kemiskinan dan kesenjangan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Kata Benni, meskipun Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam hal ini sudah melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan di berbagai bidang, baik itu infrastruktur pendukung, peningkatan sumber daya manusia termasuk juga untuk bidang ekonomi kerakyatan.

"Namun demikian perlu juga diperhatikan bahwa upaya ke arah itu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi sangat dan sangat diperlukan sekali partisipasi dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat dan sebagai umat," ujar Benni.

"Dalam Islam kita diajarkan bahwa tidak hanya mengatur urusan-urusan yang berkaitan dengan masalah ibadah formal semata tetapi juga sosial kemasyarakatan mengatasi masalah-masalah sosial adalah bagian yang tak kalah penting di samping pelaksanaan ibadah secara formal," tambah Benni.

Ia menambahkan bahwa penyaluran zakat oleh Baznas Purwakarta sangat menunjang program pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat. "Baznas ikut serta mewujudkan harapan pemerintah untuk menjadikan Purwakarta yang lebih maju, makmur dan bertakwa," ucap Benni.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Benni juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua Baznas Purwakarta dan segenap pengurus yang telah bekerja secara optimal, bersih, amanah dan profesional serta dapat membuat program unggulan yang berdampak langsung kepada masyarakat. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami