Dilintasi Armada Sampah, Warga Margasari Dapat Kompensasi dari Pemkab Purwakarta

  • 20 Maret 2023 12:39
  • Administrator
  • 136 Membaca
Dilintasi Armada Sampah, Warga Margasari Dapat Kompensasi dari Pemkab Purwakarta

 

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat bagikan ratusan paket sembako kepada warga di sekitar Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan.

 Bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkab Purwakarta dan juga sebagai kompensasi untuk warga karena wilayahnya menjadi perlintasan aktivitas armada angkutan sampah ke tempat TPA dan TPS di Cikolotok.

Penyerahan kompensasi tahap pertama itu, dilakukan oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di kantor Desa Margasari, Senin 20 Maret 2023.

"Kompensasi ini merupakan bentuk apresiasi Pemda kepada masyarakat yang telah mendukung kegiatan pengelolaan sampah mandiri, karena pengelolaan sampah itu tidak terpusat di satu titik TPA, tetapi ada juga di TPS3R dan TPS Terpadu," kata Ambu Anne.

Menurut Ambu Anne, Kabupaten Purwakarta sudah mampu mengembangkan pengelolaan sampah mandiri dengan cara memberdayakan TPS3R yang tersebar di beberapa titik yang telah dibangun.

"Selain itu, sampah yang ada di TPA, TPS3R dan TPS Terpadu ini dikelola oleh Pemerintah Daerah bersama masyarakat, sehingga memberikan dampak positif yaitu mengurangi sampah dan meningkatkan nilai guna sampah," ujarnya, seraya berharap langkah ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Purwakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Deden Guntari dalam keterangannya mengatakan, penyerahan bantuan ini sudah jadi program Pemkab Purwakarta.

Menurutnya, setiap tahun Pemda menyerahkan kompensasi, dan untuk tahun ini, Insyaallah pada anggaran murni sudah dialokasikan anggaran untuk dua kali distribusi.

"Dan kita akan usulkan juga pada anggaran perubahan sesuai dengan arahan Bupati Purwakarta. Saat ini menyerahkan sampai 650 paket untuk sekarang di bulan maret dan nanti tahap kedua di bulan Juli atau Agustus, sama 650 paket juga," kata Deden.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami