Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Purwakarta Dikukuhkan

  • 02 Februari 2024 14:04
  • Administrator
  • 88 Membaca
Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Purwakarta Dikukuhkan

Jajaran pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Purwakarta periode 2023-2024 yang dipimpin Dra. Suraidah, M.Si dikukuhkan, di Pendopo Pemkab Purwakarta, Jumat 02 Februari 2024.

Dewan Kerajinan Nasional adalah lembaga yang berada dibawah Kementerian ESDM RI, yang merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah.

Setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat memiliki Dekranasda, yang berfungsi sebagai wadah pembinaan seni kerajinan dengan nilai citra rasa dan juga perwujudan keadilan yang ada di tanah air, memberikan kesempatan usaha sebagai sumber pendapatan dan untuk pembinaan, peningkatan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan masyarakat daerah dan peningkatan ekspor.

Dengan adanya pengukuhan ini, diharapkan dapat memotivasi setiap daerah untuk terus mengembangkan produk-produk UMKM demi meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan selaku Dewan Pembina Dekranasda Kabupaten Purwakarta berpesan agar jajaran Dekranasda segera mungkin untuk membuat konsep dan program kerja yang jelas sehingga memiliki aktivitas yang jelas.

"Jangan sampai organisasinya ada pengurusnya ada tapi hanya namanya saja. Kami meminta dan  sekaligus menuntut agar-agar pengurus Dekranasda yang baru dilantik kerja dengan konsep dan desain yang jelas, menyusun konsep yang jelas terukur, sistematis dan tentunya selaras dengan visi misi dan program pembangunan di Kabupaten Purwakarta," kata Benni Irwan.

Atas nama seluruh jajaran Pemda Purwakarta, ia juga mengucapkan selamat setelah dikukuhkannya pengurus Dekranasda Kabupaten Purwakarta masa bakti tahun 2023-2024. Posisi dalam kepengurusan beserta tanggungjawab yang mengikutinya pada hakikatnya merupakan sebuah pengakuan atas komitmen personal dan profesional serta konsistensi pengabdian pengurus dekranasda di Kabupaten Purwakarta.

"Ini merupakan satu amanah, satu tanggung jawab yang baru atau mungkin juga ada sebagian yang melanjutkan tugas-tugas yang dilaksanakan melalui program dan selama ini semoga di tangan pengurus Dekranasda di Kabupaten Purwakarta menjadi tujuan yang mendasari visi misi yang mendasari kelahirannya pada saat yang sama," kata Benni Irwan.

Ia berharap Dekranasda Purwakarta dapat melatih serta mampu membaca kondisi dan kebutuhan yang real di lapangan dalam membantu para pengrajin dalam menguatkan UKM lokal untuk tumbuh maju dan berkembang dan pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian di Kabupaten Purwakarta.

"Pada dasarnya, Dekranasda Kabupaten Purwakarta memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam mengelola, membina melestarikan dan mendorong potensi baik dalam hal seni kerajinan. Salahsatunya termasuk kuliner khas yang ada di Kabupaten Purwakarta. Agar potensi-potensi tersebut agar mampu berdaya saing memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan rakyat," ujar Benni.

Sementara, Sekretaris Dekranasda Jawa Barat, Dewi Sartika menyambut baik agenda pengukuhan karena hal ini merupakan momen yang sangat penting. "Kita juga ingin terus mempromosikan kerajinan di Indonesia agar bisa bersaing di dunia internasional. Jadi selain di negaranya sendiri karena kerajinan ini juga adalah punya potensi lokal yang berbeda-beda," kata Dewi.

Pada kesempatan ini, turut hadir Sekjen Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Bupati Purwakarta, Para Staf Ahli Bupati, Para Asda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Purwakarta, Plt. Kepala DKUPP beserta jajaran, Kepala Perangkat Daerah dan Camat Se-Kabupaten Purwakarta, serta Para Kepala Bagian di lingkup Setda Kabupaten Purwakarta. (Diskominfo)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami