Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Provinsi Jawa Barat

  • 07 November 2023 10:06
  • Administrator
  • 186 Membaca
Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Provinsi Jawa Barat

Kabupaten Ciamis menjadi tempat dilaksanakannya acara Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Provinsi Jawa Barat, Senin 06 November 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pimpinan partai politik, ketua organisasi masyarakat, tokoh agama, serta tokoh budaya, baik secara langsung maupun melalui virtual yang terhubung dengan 25 satuan yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Banten. Dalam agenda tersebut tampak hadir Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.

Sementara, di Kabupaten Purwakarta, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan didampingi unsur Forkopimda, perwakilan partai politik peserta Pemilu, KPU, Bawaslu serta para tokoh agama, masyarakat, kepemudaan dan tamu undangan lainnya mengikuti agenda tersebut secara virtual di Pendopo Pemkab Purwakarta.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Dian Hadiana menyampaikan bahwa sudah menentukan daftar pemilih tetap, sudah merekrut badan adhoc baik dari desa, kelurahan dan kecamatan, sudah menentukan KPPS yang lolos verifikasi, dan sudah melaksanakan enam tahapan Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta beserta jajaran juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada TNI-Polri, Pemda, dan seluruh stakeholder yang telah menyelenggarakan dan menyukseskan kegiatan deklarasi Pemilu damai ini.

Adapun isi deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 yakni; Pertama akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Kedua, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Ketiga, menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Keempat, menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah Provinsi Jawa Barat. "Dengan deklarasi ini kami berharap Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman, tertib, kondusif," kata Dian Hadiana.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain dalam keterangannya menyatakan dukungan penuh terhadap upaya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu 2024 ini. Polres Purwakarta bersama TNI dan Masyarakat menjaga serta menciptakan situasi kondusif untuk mewujudkan Kabupaten Purwakarta yang aman.

Oleh karena itu, kata Edwar kolaborasi dan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan dalam deklarasi damai ini. "Acara ini menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan kesuksesan Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Purwakarta," kata Edwar.

Ia juga menyampaikan pentingnya kerjasama dari semua komponen masyarakat, pemangku kepentingan, dan partai politik dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) demi kesuksesan pemilu yang aman, damai dan kondusif. "Pesta demokrasi ini akan berjalan aman, damai dan lancar tergantung dari peran serta para stakeholder, semua elemen masyarakat, termasuk partai-partai politik selaku peserta pemilu," ujarnya.

 

Edwar berharap, melalui kolaborasi yang kuat antara aparat kepolisian, pemangku kepentingan, dan masyarakat, diharapkan pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman dan memberikan kontribusi positif terhadap integrasi bangsa. "Jadi diharapkan adanya kerjasama semua komponen masyarakat, stakeholder, termasuk partai-partai politik untuk menjaga stabilitas kamtibmas demi mensukseskan pemilu yang aman, damai dan kondusif," demikian AKBP Edwar Zulkarnain. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami