Bupati Purwakarta Buka ITB JIT 2023

  • 15 Januari 2023 10:59
  • Administrator
  • 473 Membaca
Bupati Purwakarta Buka ITB JIT 2023

 

Mendampingi Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka event triathlon tingkat internasional; ITB Jatiluhur Internasional Triathlon 2023 (ITB JIT 2023) yang digelar di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Minggu 15 Januari 2023.

"Dengan dilaksanakannya perhelatan olahraga tingkat internasional dikawasan Waduk Jatiluhur ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian khususnya di bidang pariwisata di Kabupaten Purwakarta," kata Ambu Anne.

Menurut Ambu Anne, penyelenggaraan lomba triathlon ini dapat dikategorikan sebagai sport tourism, tentunya hal ini akan memberikan dampak positif terhadap promosi dan perkembangan wisata alam waduk Jatiluhur khususnya dan citra positif wisata Kabupaten Purwakarta.

Selain itu penyelenggaraan kegiatan ini menunjukan dan membuktikan bahwa Purwakarta dapat menjadi tempat dan tuan rumah pelaksanaan lomba triathlon yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan lokasi yang sangat unik di wilayah Waduk Jatiluhur.

"Kegiatan ini patut dijadikan kebanggaan karena tidak semua daerah mempunyai lokasi yang cocok dan tepat untuk menyelenggaraan lomba triathlon ini," kata Ambu Anne.

Penyelenggaran lomba triathlon ini juga mengandung nilai-nilai dasar ketahanan, kecepatan dan kehandalan dapat memberikan dorongan besar terhadap tumbuh dan berkembangnya destinasi wisata Kabupaten Purwakarta melalui aktivitas olahraga.

Pada event tersebut, selain atlit lokal, juga diikuti oleh atlit dari mancanegara diantaranya dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia dan Australia.

Diketahui, lomba lari, renang dan bersepeda (Triathlon) itu diprakarsai oleh Ikatan Alumni Sipil (ALSI) Institut Teknologi Bandung dan Jasa Tirta II serta didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan Forkopimda Purwakarta.

Ajang lomba berskala internasional tersebut terbilang istimewa karena akan dihelat di kawasan waduk yang merupakan waduk terbesar di Indonesia dan terluas di Asia Tenggara.

Ada dua kategori yang diperlombakan dalam ajang tersebut yaitu Olympic Distance (berenang sejauh 1.500 meter, bersepeda 40 KM dan lari 10 KM) dan Sprint Distance (berenang 750 meter, bersepeda 20 KM dan lari 5 KM). Di samping kelas individual, tersedia juga kelas relay beregu 3 orang (renang, sepeda dan lari) untuk masing-masing kategori.

Event triathlon di Danau Jatiluhur ini diharapkan bisa memfasilitasi animo para pegiat olahraga triathlon di tanah air yang selama ini mendambakan event yang berkualitas.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami