Bupati Anne: Bantu Percepatan Pembangunan Purwakarta, Peran TNI Sangat Vital Dan Strategis

  • 12 Mei 2023 19:28
  • Administrator
  • 156 Membaca
Bupati Anne: Bantu Percepatan Pembangunan Purwakarta, Peran TNI Sangat Vital Dan Strategis

 

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan peran TNI sangatlah vital dan strategis dalam membantu percepatan pembangunan di Purwakarta. TNI juga senantiasa aktif bersinergi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Demikian disampaikan Bupati Anne Ratna Mustika saat menyambut kunjungan dinas Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Jumat 12 Mei 2023.

.Dalam kunjungannya ke Purwakarta itu, Pangdam didampingi para  pejabat utama Kodam III/Siliwangi yakin Kasdam Brigjen TNI Agus Saepul (Kasdam), Brigjen TNI Dadang Arif Abdurahman (Irdam), Brigjen TNI Kuat Budiman (Kapoksahli Pangdam). Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Dany Rakca serta Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi.

Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengunjungi Kabupaten Purwakarta dalam rangka pelaksanaan Gebyar Teritorial Kodim 0619/Purwakarta sekaligus kerjasama penyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Pemkab Purwakarta terus melakukan sinergitas dengan jajaran Kodim 0619 Purwakarta. Peran TNI sanglah vital dalam membantu percepatan pembangunan Kabupaten Purwakarta di semua bidang" kata Bupati Anne Ratna Mustika, Jumat 12 Mei 2023,

Khusus dalan percepatan penyelesaian pembangunan Infrastruktur hingga daerah paling luar di Purwakarta, Bupati Anne mengatakan, peran TNI sangatlah luar biasa strategis.

"Termasuk saat pembukaan akses jalan yang menghubungkan dua Desa terluar di Purwakarta, yakni desa Ciririp sampai Parung Banteng Kecamatan Sukasari. Bersama jajaran Kodim Purwakarta, kami terus bersama-sama dalam pembanguanan infrastruktur tersebut," tuturnya.

Sinergisitas TNI dan Pemkab Purwakarta juga dilakukan dalam banyak sektor strategis lainnya, seperti kerjsama penanganan stunting untuk mempersiapkan generasi masa depan sebagai SDM yang tangguh dan cerdas. "Dalam penanganan stunting, peran TNI sangatlah luar biasa dalam membantu kita," kata Bupati.

Kerjasama stretegis lainnya, lanjut Bupati Anne, adalah dalam penanganan mitigasi bencana. Menurut Anne, TNI banyak membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta dalam menghadapi bencana alam..

"Jajaran TNI selalu terdepan dalam penanganan bencana. TNI banyak membantu BPBD Purwakarta dalam penanganan bencana di Purwakarta," ujar Bupati Anne.

Dalam penyelenggaraan pelayanan publik, Bupati juga menyampaikan terima kasihnya atas bantuan jajaran TNI. Menurut Bupati Anne pelayanan publik dilakukan dengan cara jemput bola hingga ke desa-desa.

Pelayanan Jemput Bola

"Pelayanan publik jemput bola merupakan program rutin yang di gelar setiap hari Jum'at. Ada pun pelayanan tersebut meliputi pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK)  Akta Kelahiran, Akta Kematian, pelayanan Keluarga Berencan (KB) dan lain sebagainya," kata Anne Ratna Mustika.

Selain jemput bola ke desa-desa, langkah penyelenggaran pelayanan publik juga dilakukan secara terpusat disatu tempat melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) Madukara, yang memberikan sekitar 639 pelayanan dalam 1 tempat.

"Jadi program kami itu ada yang jemput bola ke desa-desa, dan juga ada yang terintegrasi dalam satu tempat. Selama penyelanggaraan pelayanan publik, jajaran TNI juga banyak membantu kita. Terima kasih kami yang tak terhingga kepada jajaran TNI ," kata Bupati Anne.

Sementara itu, menurut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief, kehadiran TNI di Purwakarta untuk memastikan keberadaan jajaranya harus di rasakan oleh masyarakat. Selain menciptakan rasa aman dan nyaman, juga harus membantu pemerintah daerah melayani masyarakat.

"Keberadaan kita harus bisa membantu mempercepat pembangunan dan pelayanan yang menjadi program ibu Bupati, bukan sebaliknya. Dari awal kenapa kunjungan saya tidak mau formal, karena saya lebih senang berbaur langsung dengan masyarakat, ujar Pangdam..

Pangdam mengatakan, koordinasi dan komunikasi yang baik serta harmonisasi berbagai sektor akan menciptakan kondisi sosial yang baik untuk pelaksanaan pembangunan daerah. Termasuk, dalam pembangunan sumber daya manusia yang sangatlah penting bagi masa depan bangsa Indonesia..

"Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh daerah itu tujuannya untuk membentuk sumber daya manusia yang maju. Pembangunan di daerah akan sangat membantu Pemerintah Pusat, jadi kita semua harus bersinergi dan berjalan bersama-sama membangun bangsa," kata Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami