Bupati Anne: ASN Purwakarta Harus Punya Integritas Tinggi, Larang Pamer Kemewahan

  • 26 April 2023 18:45
  • Administrator
  • 127 Membaca
Bupati Anne: ASN Purwakarta Harus Punya Integritas Tinggi, Larang Pamer Kemewahan

 

Bupati Purwakarta Anna Ratna Mustika meminta jajaran aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Purwakarta untuk terus membangun standar integritas yang tinggi dalam menjalankan kerja-kerja profesionalmya melayani masyarakat. Membangun integritas merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan kepercayaan rakyat 

Orang nomor satu di Purwakarta itu juga melarang keras para ASN dijajaran Pemkab Purwakarta pamer kemewahan atau hidup bermewah-mewah. Menurutnya, perilaku hedonis semacam itu sangat melukai hati rakyat yang telah bersusah payah membayar pajak untuk menggaji para ASN.

"Integritas, integritas, integritas. ASN harus punya itu. Bangun terus integritas kita. Junjung tinggi integritas. itu sangat penting. Dengan integritas yang tinggi, maka kita akan memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Jagalah reputasi kita dengan integritas yang baik," kata Bupati Anne usai memimpin Rapim (Rapat Pimpinan) Jajaran Pemkab Purwakarta, Rabu 26 April 2023.

Dalam rapim tersebut, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menegaskan agar pelayanan publik Pemkab Purwakarta langsung berjalan memasuki hari pertama kerja bagi ASN. Seperti diketahui sebelumnya para ASN Pemkab Purwakarta baru melaksanakan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Hari ini hari pertama kerja, semua perangkat daerah sudah diperintahkan secara penuh memberikan layanan kepada masyarakat. Meski banyak masyarakat Purwakarta masih mudik dan baru kembali Senin depan," kata Bupati Anne,

Pada agenda tersebut, Ambu Anne juga membahas beberapa agenda meliputi evaluasi kerja dari ASN, evaluasi BPK dan BPKP serta pelayanan pada masyarakat.

"Jadi diharapkan setiap perangkat daerah mulai dari kepala dinas, kepala badan, kepala bagian hingga camat agar segera menyelesaikan laporannya," kata Bupati Anne.

Bupati Anne juga menekankan agar seluruh pegawai di lingkup Pemkab Purwakarta dapat lebih meningkatan nilai kedisiplinan. Selain itu masing-masing ASN pun harus berperan aktif dan cekatan dalam mengatasi berbagai persoalan, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Larang ASN Pamer Kemewahan

Di sisi lain Anne juga memastikan Pemkab Purwakarta akan terus meningkatkan kinerja dari ASN. Termasuk dalam meningkatkan spirit nilai-nilai moralitas dari ASN dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan publik.

Pada kesempatan itu, Bupati Anne kembali mengingatkan agar para ASN dijajaran Pemkab Purwakarta tidak pamer kemewahan atau hidup bermewah-mewah. Menurutnya, perilaku hedonis semacam itu sangat melukai hati rakyat yang telah bersusah payah membayar pajak untuk menggaji para ASN.

Menurutnya, larangan hidup bermewah-mewahan kepada para ASN di Purwakarta itu menindaklanjuti perintah tegas dari Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"ASN itu merupakan orang-orang yang dibayar dari keringat rakyat. Jika mereka tak maksimal dalam bekerja maka yang dirugikan adalah rakyat. ASN Purwakarta pun saya minta jangan bergaya hidup hedon. Jangan pamer kemewahan, karena jika bermewah-mewahan akan menyakiti rakyat yang membayar mereka," tegas Bupati Anne.

Bupati Anne juga meyakinkan, dalam waktu dekat para ASN di Purwakarta akan diberi pelatihan-pelatihan dasar wawasan kebangsaan. Hal ini bertujuan agar para ASN di Purwakarta akan memiliki integritas tinggi dalam bekerja.

"Pekerjaan ASN jika didukung oleh ideologi yang kuat maka dipastikan para ASN akan bekerja sepenuh hati. Jadi bekerja itu bagian dari mempertahankan kemerdekaan itu sendiri. Semua dikerjakan untuk penuh melayani bangsa khususnya masyarakat di Purwakarta ini," katanya.

Oleh karena itu Bupati Anne juga meminta kepada masyarakat Purwakarta untuk membantu memberikan laporan terhadap keluhan-keluhan pelayanan Pemkab Purwakarta. "Jika ASN Purwakarta yang berada di bidang pelayanan berlaku lelet atau lambat, silahkan laporkan melalui nomor hotline Pemda Purwakarta," kata Bupati Anne Ratna Mustika(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami