Banyak Libatkan UMKM, Bupati Anne Puji Kreativitas Pengelola Rest Area

  • 08 Juli 2023 20:16
  • Administrator
  • 148 Membaca
Banyak Libatkan UMKM, Bupati Anne Puji Kreativitas Pengelola Rest Area

 

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi kreativitas pengelola Rest Area KM 72 A Tol Purbaleunyi yang kerap menggelar kegiatan dengan melibatkan para pelaku UMKM dan memberi perhatian khusus pada para pelaku usaha tersebut.

Hal ini, kata Ambu Anne, bisa dilihat dari banyaknya stand UMKM yang menjual produk khas Purwakarta. Di antaranya sate maranggi, pojok keramik, kerajinan tangan produk warga binaan lapas, dan lainnya.

"Seperti pada momen libur sekolah ini, KM 72 A menggelar beberapa event, terutama kegiatan sosial. Di antaranya seperti khitanan massal, pengobatan gratis, hingga lomba mewarnai," kata Ambu Anne, panggilan akrab bupati di lokasi kegiatan, Sabtu 08 Juli 2023.

Menurutnya, Rest area ini padat sekali pengunjungnya, sehari itu kalau weekend ada 15 ribu kendaraan. Kalau rata-rata kendaraannya diisi tiga orang, berarti ada empat puluh lima ribu orang berkunjung ke rest area ini.

Dan ini, lanjutnya, menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM Purwakarta untuk memasarkan produknya secara offline. Ambu Anne juga mengungkapkan terima kasih kepada manajemen KM 72 A yang telah mengakomodir para pelaku UMKM.

"Jadi hari ini orang yang ingin menikmati jajanan khas Purwakarta tidak usah keluar gate tol, cukup dengan berkunjung di Rest Area Km 72 A ini juga bisa menikmati beberapa kuliner khasnya Purwakarta," ucap Ambu Anne.

Pengelola KM 72 A juga, kata Ambu Anne, bisa mewadahi para pelaku UMKM yang memang Pemda belum bisa mengakomodir secara luas. Di sini juga ada galeri yang menyimpan beberapa karya yang luar biasa. Rencananya, galeri itu juga ingin bekerja sama dengan para seniman yang ada di Purwakarta.

"KM 72 A ini juga menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar untuk kategori rest area. Ini akan kita jadikan percontohan atau role model bagi rest area-rest area lainnya. Terlebih, di sini sudah mengusung konsep sebagai tujuan wisata dan akan terus dikembangkan," kata Ambu Anne.

Terkait program pelatihan untuk 1.000 anak muda yang sedang digagas Rest Area KM 72 A, Ambu Anne juga siap mendukung. "Ini luar biasa ya, artinya mendorong anak-anak muda mengasah kreativitasnya dan menjadi wirausaha," ujar Ambu Anne. (Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami