Apresiasi Seni dan Literasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  • 21 November 2023 18:53
  • Administrator
  • 133 Membaca
Apresiasi Seni dan Literasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Penjabat Bupati Kabupaten Purwakarta Benni Irwan menghadiri kegiatan Apresiasi Seni dan Literasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, bertempat di Bale Sawala Yudhistira, Selasa 21 November 2023. Kegiatan tersebut juga dalam rangka Peringatan HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 tingkat Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati menyampaikan apresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, dimana menjadikan momentum untuk memperkokoh komitmen kita dalam menumbuhkembangkan semangat seni dan berliterasi di kabupaten purwakarta.

Selain itu melalui kegiatan ini pun dilakukan pemberian penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang telah memberikan layanan pendidikan secara baik bagi para murid serta memiliki semangat belajar, berkarya, dan berbagi.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terlaksana dan terwujud dalam pembelajaran yang berimplikasi pada peningkatan capaian tujuan, sasaran serta target pembangunan daerah di Kabupaten Purwakarta dan berdampak besar pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purwakarta guna mewujudkan Purwakarta Istimewa," kata Benni Irwan.

Agenda tersebut juga mempersembahkan Konser Literasi Indonesia 2023 Featuring Ferry Curtis. Tampak hadir, Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta Dr. H. Purwanto, M.Pd., Ketua GPMB Pusat Herlina Mustikasari, MA, Ph.d., Ketua GLN Gareulis Jabar Yulia Yasmin, S.Pd, M.Pd. Ketua Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Jabar Ibu Aam Siti Aminah, Para tamu undangan, guru-guru dan penggiat literasi di Kabupaten Purwakarta. Lebih dari 600 penonton hadir di acara ini.

Sementara, Kadisdik Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan sangat berbahagia atas terselenggaranya acara yang digagas sejak lama bersama Ferry Curtis.

"Kegiatan ini adalah untuk menyemai benih-benih baik untuk anak-anak di sekolah di lingkungan manapun. Sehingga hari ini konser literasi disatukan dengan musik karena semua orang suka musik. Saya yakin dengan metode bermusik ini akan semakin mengena dalam sanubari kita. Kalau Pendidikan ingin maju maka gurunya harus literat maka literasi bagi guru-guru sebagai kunci utama Pendidikan di Purwakarta," ujar Purwanto.

Konser ini disebut konser literasi karena berbicara tentang literasi melalui lirik-lirik lagu yang ditulis oleh Ferry Curtis dan juga rekannya yang lain. Ferry Curtis adalah musisi balada asal Purwakarta yang dikenal sebagai penulis lagu-lagu literasi nasional.

Menurut Ferry Curtis dalam konser ini bercerita tentang literasi sebagai pondasi dasar dari majunya sebuah bangsa melalui penyampaian musik yang disinergikan dengan pesan literasi melalui kekuatan lirik lagu. "Literasi itu bukan seberapa banyak kita membaca buku tetapi seberapa piawainya kita menyerap, meracik pengetahuan dan wawasan yang didapatkan untuk selanjutnya menjadi bekal bagi manusia," ujarnya.

Konser ini bercerita tentang literasi sebagai pondasi dasar dari majunya sebuah bangsa, melalui penyampaian musik dapat disinergikan dengan pesan literasi melalui kekuatan lirik lagu. Literasi bukan hanya seberapa banyak kita membaca buku, tetapi seberapa piawainya kita menyerap, meracik pengetahuan dan wawasan yang didapatkan, untuk selanjutnya dapat menjadi bekal kehidupan manusia yang tangguh, berbudi pekerti, cinta tanah air, siap menghadapi situasi apapun di kehidupan ini menjadi solusi.

Pada konser ini pula Ferry Curtis melaunching album barunya yang berjudul, Tritangtu yang berisi 3 lagu yaitu: ‘Aku dan Hidup’, ‘Bumi Kian Meranggas’ dan ‘Buku Sahabatku’. Ketiga lagu tersebut berformat akustik yang kental dan khas. Penggarapan musiknya digarap oleh sahabatnya yaitu musisi Folk Nissan Fortz yang juga tampil pada konser tersebut.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami