Antar Jemput Jemaah Haji, Bupati Anne Kerahkan Ratusan Kendaraan Dinas

  • 03 Juni 2023 10:43
  • Administrator
  • 106 Membaca
Antar Jemput Jemaah Haji, Bupati Anne Kerahkan Ratusan Kendaraan Dinas

 

Sebanyak 210 kendaraan roda empat berplat merah, disebar ke penjuru Purwakarta untuk menjemput sekitat 432 calon jemaah haji menuju titik kumpul di Tajug Gede Cilodong, Bungursari. Dari mesjid tersebut, kemudian para jemaah diberangkatkan dengan menggunakan bis yang telah disiapkan menuju Asrama Haji di Bekasi, Jumat malam, 02 Juni 2023.

"Hal ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, yaitu melakukan antar-jemput calon jemaah haji dengan kendaraan berplat merah atau kendaraan dinas. Calon jemaah haji dijemput dari rumahnya dengan menggunakan kendaraan dinas termasuk kendaraan dinas Bupati dan Wakil Bupati," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kepada awak media.

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta kembali melanjutkan tradisi antar-jemput jemaah haji dari rumah masing-masing dengan kendaraan dinas menuju ke titik kumpul pemberangkatan.

"Alhamdulillah hari ini sebanyak 432 calon jemaah haji plus 8 petugas haji asal Kabupaten Purwakarta akan berangkat menunaikan ibadah haji, mereka tergabung dalam kloter 26. Hari ini sudah dilepas secara resmi menuju ke embarkasi Bekasi untuk selanjutnya berangkat ke tanah suci," kata Ambu Anne.

Menurutnya, sebelum keberangkatan, para calon jemaah haji tentunya dilakukan proses cek kesehatan oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Purwakarta. "Alhamdulillah semuanya dinyatakan sehat walafiat dan memenuhi syarat untuk melaksanakan ibadah haji untuk tahun ini," ujarnya.

Ambu Anne juga mengungkapkan bahwa jumlah jemaah haji asal Kabupaten Purwakarta tahun 2023 ini meningkat sangat tajam dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun iini, jumlah jamaah haji mencapai 748 jemaah. Jumlah itu meningkat tajam lebih dari seratus persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 350 jemaah.

"Jemaah haji asal Purwakarta terbagi menjadi dua, klotet yang pertama kloter 26, hari ini kita berangkatkan sebanyak 432 jamaah plus 8 petugas haji dan medis jadi totalnya 440 orang, sisanya pada kloter 49 yang nanti akan berangkat pada tanggal 11 Juni 2023 mendatang," kata Ambu Anne.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Purwakarta Sopian dalam keterangannya mengatakan, pada kloter 26 ini akan diisi 480 orang karena ada penambahan dari Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

"Dari Purwakarta, ada jemaah yang termudanya usia 18 tahun dan yang tertuanya usia 99 tahun. Tema Haji sekarang itu ramah lansia maka akan ada pelayanan khusus termasuk dari sisi akomodasi," kata Sopian.(Diskominfo Purwakarta)

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami