Aktualisasikan Nilai-nilai Al-Quran, Menuju Generasi Moderat dan Berakhlakul Karimah

  • 08 Maret 2023 12:46
  • Administrator
  • 265 Membaca
Aktualisasikan Nilai-nilai Al-Quran, Menuju Generasi Moderat dan Berakhlakul Karimah

 

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta di Taman Maya Datar Komplek Pemkab Purwakarta, Rabu 8 Maret 2023.

Tema yang diangkat dalam STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta kali ini adalah Mengaktualisasikan Nilai-nilai Al-Quran, Menuju Generasi Moderat dan Berakhlakul Karimah.

STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta kali ini dengan cabang yang dilombakan antara lain Majelis MHQ 10 juz dan 20 juz, Majelis Tilawah anak-anak dan dewasa, Tahfiz 1 jus, Tahfiz 5 jus dan Tahfiz 30 jus, Tafsir Al-Quran dan Hadist.

Pada kesempatan itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan apresiasi kepada jajaran kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta yang menggelar STQH ke XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta.

"Pelaksanaan STQH ke XVII ini merupakan salah satu komitmen kita bersama untuk terus  mendorong masyarakat terutama anak-anak kita membaca, menghafal dan memahami Al-Quran," kata Bupati Purwakarta yang akrab disapa Ambu Anne itu saat membuka STQH ke XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta, Rabu 8 Maret 2023.

Ambu Anne berharap kegiatan ini bukan hanya semata-semata kegiatan rutin, bukan semata hanya ajang kompetensi yang hanya bisa membedakan yang kalah dan  yang menang.

Tapi lebih dari pada itu bahwa kegiatan ini adalah bagian untuk terus memberikan ruang kepada anak-anak untuk mereka terus belajar menghafal, memahami dan mengamalkan Al-Quran.

"Ini bagian dari komitmen kita untuk membentuk karakter anak-anak Purwakarta yang berakhlakul karimah," ucap Ambu Anne.

Sementara itu, Kepala kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta H Sopian mengatakan pelaksanaan STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta ini digelar satu hari, yakni 8 Maret 2023, dengan tempat pelaksanaan, Gedung Dakwah, Taman Maya Datar, Ponpes Tarbiyah Islamiyah Purwakarta.

"Jumlah peserta sebanyak 94 orang, 57 putra dan 37 putri yang berasal dari kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta," kata Sopian.

Sopian menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan membumikan kitab suci Al-Quran agar lebih mudah diminati dan dipahami serta diamalkan oleh umat Islam masyarakat secara umum dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini juga ajang silaturahmi diantara kita, santri, kiai, alim ulama dan umaro. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan," ucapnya.

Sebagai penutup, Sopian menambahkan, bagi pemenang STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta ini akan dilakukan pembinaan dan seleksi kembali guna mempersiapkan peserta yang akan siap dan layak menjadi wakil Kabupaten Purwakarta dalam STQH Tingkat Provinsi Jawa Barat.(Diskominfo Purwakarta)

 

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami