Upaya Pemkab Purwakarta Berikan Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk Masyarakat Berbuah Paritrana Award

  • 27 Oktober 2021 11:39
  • Administrator
  • 239 Membaca
Upaya Pemkab Purwakarta Berikan Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk Masyarakat Berbuah Paritrana Award

 

Upaya jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta untuk terus berkontribusi aktif dalam memberikan perlindungan dan jaminan sosial kepada seluruh masyarakat Purwakarta secara bertahap berbuah manis. Belum lama ini, Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta menerima penghargaan Paritrana Award 2020 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Pullman Hotel Grand Center, Bandung.

Paritrana Award merupakan penghargaan bergengsi sebagai apresiasi bagi pemerintah daerah dan perusahaan yang mendukung penuh implementasi dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing.

"Alhamdulillah, atas nama masyarakat Purwakarta, saya telah menerima Paritrana Award tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020," kata Ambu Anne, Selasa 27 Oktober 2021.

Menurutnya, hal ini berkat komitmen jajarannya dalam upaya memberikan jaminan keselamatan kerja, khususnya kepada ASN non-PNS dan aparatur pemerintah desa. "Ada beberapa ASN non PNS atau THL kita yang ranah pekerjaannya dianggap rawan, seperti pemadam kebakaran, pegawai Dishub, Satpol PP dan petugas kebersihan yang bekerja di lapangan yang perlindungan dan jaminan sosialnya kita pastikan terjamin," ujarnya.

Kata Ambu Anne, setiap tahunnya Pemkab terus bersinergi dan berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kepesertaan BPJamsostek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Semoga dengan diterimanya Paritrana Award ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen dalam memberikan jaminan keselamatan kerja kepada ASN non PNS, khususnya pekerjaan yang dianggap rawan di lingkungan Pemkab Purwakarta," ucapnya.

Diketahui, Pemkab Purwakarta juga telah mengeluarkan Perbup yang berkaitan dengan kepesertaan aparatur pemerintah desa se-Purwakarta, mulai dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Bamusdes, RW dan RT hingga Anggota Linmas pada jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kita akan terus berupaya agar program perlindungan jaminan sosial ini akan terus digulirkan secara bertahap dan berkelanjutan kepada para pekerja pada sektor lainnya dan pekerja informal sehingga sinergi Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan BPJS Ketenagakerjaan dapat terlaksana secara maksimal sebagaimana amanat Undang-Undang 1945," demikian Ambu Anne.

Berikut sejumlah penghargaan yang diterima oleh Pemkab Purwakarta sepanjang 2021;

1. Penghargaan Paritrana Award tingkat Provinsi Jawa Barat dari BPJS   Ketenagakerjaan 2021

2. penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah 2021 dari Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.

3. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)    Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

4. Anugerah Humas Indonesia 2021 (Terpopuler di Media Digital 2021) dari Humas Indonesia.

5. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Bappeda Jabar tahun 2021.

6. Penghargaan Urusan Persandian (Diskominfo) dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat  2021.

7. Penghargaan kategori pejabat megara pada peringatan Hari Koperasi ke-74, Kementerian Koperasi dan UKM    2021.

8. Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama dari Kemeeterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia tahun 2021.

9. Penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan UKM

Bagikan

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan?

Kami akan membantu Anda dalam 24/7
Hubungi Kami