PURWAKARTA - Tak kurang 209 ribu liter air bersih telah disalurkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta selama musim kemarau kali ini. Selama musim kemarau ini tercatat DPKPB telah menyalurkan ke 20 desa di 10 kecamatan.

Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan air bersih untuk 57 RT dan 39 RW dengan total kepala keluarga sebanyak 9.917 KK atau atau 23.718 jiwa, hingga akhir Agustus 2019.

"Saat sudah masuk puncak musim kemarau. Baru nanti November mulai masuk musim hujan," kata Wibi, Jumat (30/8). Di Purwakarta

Ia menambahkan, pihaknya mengimbau agar warga menghemat air. Pasalnya, musim kemarau masih akan berlangsung lama.

Selain itu bagi yang membutuhkan air bersih bisa memanfaatkan layanan pengaduan atau langsung berkoordinasi dengan DPKPB Purwakarta. Tujuannya agar pengiriman bantuan air bersih bisa tepat sasaran.

"Untuk yang akan berikan bantuan air, kami harap koordinasi dengan kami supaya penyalurannya tepat sasaran tidak tumpang tindih," tuturnya.

Selain itu, Wibi mengimbau, warga meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran. Apalagi Menurutnya, berdasarkan perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG), musim kemarau masih akan berlangsung sampai Oktober. Sehingga antisipasi terus dilakukannya selain itu sembari mengingatkan agar kewaspadaan kepada masyarakat.

"Sebagian kejadian kebakaran memang karena kelalaian, apalagi musim kemarau diprediksi sampai Oktober," katanya. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id