PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika akan mengeluarkan surat edaran (SE) berupa himbauan kepada panitia kurban, untuk tidak menggunakan plastik berwarna ketika membungkus daging kurban yang nantinya dibagikan kepada masyarakat.

Adapun himbaun tersebut agar tetap menjaga kualitas daging kurban termasuk mengurangi penggunaan sampah plastik di lingkungan.

"Nanti kita sosialisasikan melalui surat edaran, agar panitia kurban tidak menggunakan plastik berwarna, alternatifnya manfaatkan dedaunan misalnya daun pisang atau daun jati atau material yang ramah lingkungan" ujar Anne di Purwakarta. Selasa (30/7/2019).

Selain itu ada beberapa wilayah di Purwakarta yang dihimbau memanfaatkan daun jati terutama di wilayah wanayasa, kiarapedes yang masih terdapat pohon jati.

"Ada berapa wilayah kita himbau untuk manfaatkan daun jati, karena apa tujuannya untuk kesehatan dan lingkungan juga, target kita adalah mengurangi sampah plastik yang memang sulit diurai," jelas Anne.

Sedangkan untuk sistem pembagian, Anne menyerahkan sepenuhnya kepada pihak panitia atau masyarakat yang akan berkurban.

 

"Untuk sistem pembagian apa mau diantarkan atau menggunakan kupon ya kita serahkan pada panitia kan mereka yang tahu wilayah dan kondisinya masing - masing," jelas Bupati yang biasa disapa dengan Ambu Anne. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id