PURWAKARTA - Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, pastikan seluruh jalur yang menjadi lintasan para pemudik 'caang' saat arus mudik lebaran 2019 nanti.

Kepala Distarkim Kabupaten Purwakarta, Agung Wahyudi, mengatakan, saat ini jajarannya terus melakuka perbaikan penerangan jalan umum (PJU) di seluruh jalur yang ada. Pihaknya akan memfokuskan sepanjang jalur lintasan mudik PJU dilakukan.

"Petugas sampai saat ini terus menyisir seluruh jalur yang ada untuk mencari PJU yang kondisinya rusak supaya bisa segera diperbaiki," ujarnya ketika di Purwakarta. Senin (27/5/2019).

Sedangkan menurut Kabid Pertamanan dan PJU, Distarkim Purwakarta, Kosasih menjelaskan, hasil inventarisasi jajarannya, dari sekitar 3.600 PJU yang tersebar di seluruh jalur, terdapat 900 titik PJU yang mengalami kerusakan. Kerusakannya pun bervariasi. Semisal, terdapat lampunya yang tak menyala.

"Untuk 900 titik PJU yang teridentifikasi rusak ini, terdapat di jalur perkotaan dan pedesaan. Sejauh ini, kita telah memperbaiki 800 titik. Sisanya, kami pastikan bisa diperbaiki sebelum pelaksanaan mudik," jelas dia.

Dia menjelaskan, untuk perbaikan dan pemeliharaan PJU tersebut, tahun ini pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 400 juta. Selain perbaikan, tahun ini pihaknya pun menganggarkan Rp 600 juta untuk penambahan PJU baru.

"Tahun ini, kami akan tambah 76 PJU baru. Untuk titiknya masih kami survei. Untuk yang baru, kemungkinan akan dipasang setelah lebaran," tambah dia.

Pada umumnya kondisi jalan milik kabupaten sejauh ini telah terpasang PJU. Hanya saja, memang ada beberapa jalan pedesaan yang belum terpasangan penerangan. Namun demikian, kedepan pihaknya memastikan jalur-jalur yang belum tersentuh PJU bisa segera dipasang.

"Yang jelas, hal ini pun menjadi prioritas kami selama ini," pungkasnya. Distarkim Purwakarta, Fokuskan Jalan "Caang" Untuk Jalur Mudik. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id